Ahlul-Bait
Tulisan lama yang tersimpan di petala dunia maya (inbox email) yang ditulis ketika ribut-ribut soal “Ahlul-Bait” (ketika HRS “kabur” ke Saudi Arabia). Saat itu, tulisan ini sedianya akan dimuat oleh alif.id, tapi karena dirasa tidak memenuhi standar editing oleh para founder alif.id, tulisan ini dirijek dan saya pun tidak pernah menggubrisnya lagi.
Jika ada salah dan typo dalam tulisan ini mohon pengertiannya karena tidak sempat diedit ulang.
Tulisan ini saya muat di dinding facebook. Mudahan ada manfaatnya.
Suatu hari Syekh Daud Attha’i, seorang pemuka kaum sufi generasi awal, sowan meminta suwuk kepada Syekh Jakfar Shadiq (83 – 148 H), Imam keenam dari kalangan Ahlul-Bait Nabi SAW.
Suwuk dalam tradisi pesantren banyak pengertiannya. Bukan sekadar “dijampi, didoakan, tetapi juga bisa berupa nasihat yang diberikan oleh para ahli keramat di dunia pesantren. Doa dan nasihat para ahli-keramat ini diyakini menyebabkan transformasi ruhani, peningkatan kepekaan dan kesadaran bagi yang menerimanya.
“Nasihati aku, wahai Aba Abdillah.” Daud memohon kepada Syekh Jakfar.`
“ Tidak, Wahai Aba Sulaiman (nama lain Daud). Sampeyan tidak memerlukan nasihatku karena sampeyan dari kalangan ulama-istimewa (ahlus zuhdi zamaanuka) jaman ini.” Imam Jakfar menimpali.
“Tidak, wahai putera Rasulullah SAW, kalian memiliki kemulian di atas semua orang. Perkataan kalian itu bertuah. Mengamalkannya adalah suatu keharusan.” Abu Daud masih tetap merajuk.
“Ketahuilah, wahai Aba Sulaiman,aku takut ditegur oleh eyangku (maksudnya: Kanjeng Nabi SAW). Beliau akan mengatakan: Kenapa kamu cederai hakekat keikutanmu dengan-ku? Ketahuilah, wahai Daud, bahwa ini (capaian ruhani) tidak bisa disempurnakan (tidak cukup) oleh persoalan nasab yang benar, tetapi sungguh disempurnakan dengan perilaku (kepada sesama) yang baik (ya Aba Sulaiman, haadzaa maa yutimmu bin-nasabis sohih bal innamaa yatimmu bihusnil mua’amalah).”
Penggalan kisah di atas dikutip dari kitab Tazkiraatul Awliyaa karya Syekh Fariduddin Attar,penyair sufi Persia abad ke-12: Sebuah hagiografi yang paling banyak dibaca dan dirujuk oleh umat Islam yang ingin mengetahui kisah para wali (para santo) dalam sejarah Islam.
Baca Juga: Sayyid Usman Betawi dan Pengenalan tentang Habaib di Nusantara
Attar menempatkan Syekh Jakfar Shadiq pada urutan pertama dalam kitabnya tersebut sebagai bentuk tabbarukkan (mengharapkan berkah) kepada keluarga suci Nabi SAW. “Wa badaknaa bizikril Imami Jakfaris Shoodiq tabbarukkan..” : Dan kami memulai kitab ini dengan menempatkan Imam Jakfar paling awal sebagai bentuk tabarukkan (mengharap berkah).
Bagi Attar, masalah kemuliaan para keturunan Nabi SAW yang bijak-bestari, kemuliaan nasab mereka tercermin dalam intelektualitas, pancaran ruhani, dan akhlak mereka, yang sebenarnya tidak perlu lagi dituliskan. Terlebih tokoh sekaliber Syekh Shaduk yang kemuliahnya sudah menjadi cerita wajib pengantar tidur umat Islam.
Pada khotbah pengantar kitab, sebenarnya Attar sudah menuliskan tidak akan memasukkan keluarga Nabi SAW dalam urutan kisah para santo Islam yang disusunnya. Kata dan kalimat akan terasa garing ketika menuliskan kemulian mereka karena dipastikan para keluarga Suci Kanjeng Nabi SAW adalah golongan yang diberikan keistimewaan tetapi mereka mengabaikan keistimewaan tersebut dengan memilih menjadi hamba Allah seperti para hamba Allah umumnya. Mengabaikan kemuliaan bawaan (privilege yang “given”) dengan memilih sebagai seorang hamba biasa adalah suatu manifestasi dari kesempurnaan mereka meneladani ahklak kakek mereka, Rasulullah SAW.
Syekh Shaduq adalah salah satu mahkota dalam matarantai generasi Ahlul-Bait pada jamannya tidak ada orang yang meragukannya. Dikenal sebagai seorang alim dalam berbagai disiplin pengetahuan, dan (paling penting) merupakan mercusuar dalam bidang keruhanian.
Dalam tradisi tarekat Uwaisyiah dan lebih khusus lagi tarekat Naqsabandiyah, Syekh Shaduq dikenal sebagai ‘kiblat’ untuk tawajuhan sehingga memungkinkan koneksi ruhani yang lebih cepat kepada Allah dan kepada Rasulullah SAW.
Para Ahlul-Bait Kanjeng Nabi SAW paling tidak dikenal dengan lima karakter utamanya: alim (tidak lemah secara intelektual), berahklak mulia, dermawan, menolak pemberian, tidak membedakan manusia satu dengan lainnya, dan (sangat penting) pemberani (saja’ah). Kelima sifat ini melekat kepada Rasulullah, kepada Sayyidina Ali, Sayyidah Fatimah, dan para keturunan dari Ali dan Fatimah.
Sangat sulit membayangkan Ahlul-Bait tidak dilengkapi dengan kelima karakter di atas. Sebenarnya ada satu karakter yang juga sering tergambar dalam kehidupan para pembesar Ahlul-Bait Nabi SAW, yaitu tradisi hidup dalam kesederhanaan, bahkan sengaja memilih kemiskinan. Praktik memilih sebagai kaum fakir adalah teladan Kanjeng Nabi dan Baginda Ali sendiri. Saking miskinnya, tidak ada pengertian kemiskinan sehakiki kemiskinan faktual yang dijalani Rasulullah SAW, Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah dalam kehidupan mereka.
Syekh Shaduq dikenal sebagai seorang yang selalu tampil dengan pilihan pakaian yang selalu cocok dengan kebesaran dan kemuliaannya. Dalam sebuah riwayat disebutkan, bahwa kepandaiannya memilih pakaian untuk setiap situasi dan suasana telah memancing seorang ulama mempertanyakan kecintaan beliau pada pakaian dan barang duniwiyah lainnya.
Berpakaian yang bagus dan rapi adalah sepenting membaguskan hati dan tindakan. Syekh Shaduq dan keturunan Nabi SAW lainnya dianugerahi paras yang tidak tergambarkan oleh kata-kata. Keelokan fisik mereka, jika membaca lembaran sejarah, diadon dengan cahaya keruhanian dan kelembutan tindakan yang memancar dari khazanah batiniah mereka sehingga mereka selalu menjadi sentral manifestasi Allah dalam ruang-waktu kefanaan ini.
Syekh Ruzbihan Baqli, sufi besar Persia yang mewarisi “khirqah”Akbariyah, dalam tafsirnya, “Araaisyul Bayan fi Haqaaiqil Qur’an” , menafsirkan penggalan akhir surat al-Ahzab ayat 33, “…Wa Yuthahirukum tahhhiiraa“ (…dan menyucikan kalian (ahlul-Bait) dengan sesuci-sucinya) sebagai bersihnya hati para Ahlul-Bait Nabi SAW dari kecenderungan pada hal-hal rendah, hal-hal yang duniwiyah karena mereka adalah bentuk-bentuk kegaiban yang paling nyata di dalam kehidupan ini.”
Jadi, karakter Ahlul-Baits yang paling berat dicopy-paste oleh orang lain adalah bersihnya hati mereka dari kotoran dunia, dari keinginan rendah. Dunia diletakkan di bawah telapak kaki mereka. Dunia di sini adalah segala hal yang mengalihkan perhatian mereka dari Allah SWT. Kegaiban tidak selalu berarti “yang tersembunyi” secara harfiyah. Tetapi juga bisa diartikan sebagai kedekatan dengan sumber wujud (Allah SWT) telah memampukan mereka mengabaikan selain Allah. Jadi kegaiban juga bisa berarti kedekatan dengan Allah, jadi para gaib adalah mereka yang paling dekat dengan Allah, baik dalam kehidupan duniawiyah, barzakhiyah dan akhirat, seperti para Ahlul-Bait Nabi SAW dan para kekasih Allah dari langan Rasul,Nabi dan Wali.
Baa Juga: Fenomena Habib Syech: Majlis Salawat dan Pengokohan Cinta NKRI
Pertanyaanya: apakah ahlul-Bait Kanjeng Nabi SAW ma’shum (seperti keyakinan kalangan Syiah)? Adakah batas-batas dari “privilege” nasab mereka? Dan apakah ahlul-Bait Kanjeng Nabi SAW dibatasi oleh nasab semata karena Kanjeng Nabi SAW terhubung dengan seluruh ciptaan dan manusia (fungsi rahmaatan lil alamin)?
Saya pernah membaca satu bab tentang Ahlul-Bait Rasulullah SAW dalam kitab “Futuhat al-Makkiyah” karya Syakhul Akbar Ibn Arabi, sang penutup kewalian dari jalur Kanjeng Nabi SAW, yang ringkasannya kira-kira tidak jauh dari sikap para ulama NU di Indonesia dalam menyikapi Ahlul-Bait : para Ahlul-Bait adalah kalangan yang memiliki kemuliaan karena nasab, tetapi kemuliaan nasab mereka tidak membebaskan mereka dari kemungkinan dosa, kesalahan, kekurangan, dan kecerobohan dalam kehidupan mereka. Ketika mereka terjerumus dalam salah dan dosa maka kaum beriman dan berislam diwajibkan memperingati mereka dalam kesabaran dan kebenaran sebagaimana diwajibkan oleh agama tanpa harus menyerang personalitas dan nasab mereka.
Syakhul Akbar Ibn Arabi mengamini kesepakatan sebagian besar ulama bahwa: “Privelege” nasab Ahlul-Bait sebagai “bagian” (bidh’atun) Kanjeng Nabi SAW adalah jaminan mereka mendapatkan ampunan,magfirah dan penyucian di akherat kelak dari segala dosa dan salah.
Di samping itu, Syaikhul Akbar mengamini pendapat umum di kalangan Ahlus Sunnah wal-Jamaah bahwa Ahlul-Bait memiliki pengertian lebih luas. Dalam bab yang sama dibahas bagaimana Sayyidinaa Salman al-Farisi, sahabat Kanjeng Nabi SAW yang berasal dari Persia, mendapatkan ‘privelege’ sebagai Ahlul-Bait dengan sabda Kanjeng Nabi SAW “ dan Salman adalah bagian dari keluarga kami (ahlu baitinaa)”. Kecintaan (mahabbah) kepada Kanjeng Nabi SAW yang diraih Salman adalah tiket mendapatkan status sebagai Ahlul-Bait walaupun tidak memiliki hubungan nasab dengan Kanjeng Nabi SAW. Mendapatkan anugerah mahabbah kepada Kanjeng Nabi SAW adalah hal sulit, tidak mudah. Kemuliaan Kanjeng Nabi SAW sebagai “pengumpul kalimat-kalimat” (jawami’ul kalim) adalah isyarat tentang adanya aspek jarak (distansi) antara manusia biasa dengan Kanjeng Nabi SAW. Distansi yang tidak terukur ini seringkali secara retoris diabaikan atau dianggap tidak ada oleh Kanjeng Nabi SAW banyak hadis dan sunnah. Walaupun memiliki kemulian tidak terurai, memilih untuk tidak membedakan diri dengan para Nabi, Rasul dan manusia lainnya adalah bentuk kesempurnaan diri Kanjeng Nabi SAW dalam menjalankan perintah agama.
Salah satu tanda kesempurnaan akhlak orang beriman dan berislam adalah membakar hirarkhi kelas sosial dan rasialisme (termasuk hirarkhi karena nasab). Melebur diri sebagai satu kesatuan dengan manusia lainnya adalah salah satu prasyarat pokok mencapai taqwa, dan merupakan salah satu perintah agama yang paling pokok. Seperti dicontohkan oleh para Ahlul-Bait di masa lalu, bagaimana mereka tanpa ragu bercampur dan bergaul dengan semua kalangan, bahkan menikahi kalangan di luar mereka, tanpa beban dan rasa khawatir akan kehilangan kemuliaan.
Jadi tiket menjadi Ahlul-Bait Kanjeng Nabi SAW bisa ‘shuwariyah’ yakni nasab dan bisa maknawiyah: paling dekat secara akhlak dengan Kanjeng Nabi SAW walaupun tanpa ada hubungan nasab. Tradisi menghormati para ulama di kalangan muslim pedesaan karena para ulama adalah pewaris Kanjeng Nabi SAW secara ruhani dan akhlak.
Di Indonesia, belakangan sebagian kalangan Arab dan mereka yang memiliki dan mengklaim “status Ahlul-Bait” cenderung menikmati status-kewargaan yang ekslusif warisan kolonial. Seperti umumnya penduduk pendatang lainnya, mereka menjaga jarak dari kejamakan, tidak berbaur dengan masyarakat biasa. Pada masa Orde Baru, kalangan Arab dan golongan khusus di antara mereka sering dipakai sebagai perisai melindungi kepentingan ekonomi dan politik rezim dari kritik mayoritas umat Islam Indonesia. Kalangan “hadrami” biasa dan tidak biasa menikmati kemapanan status demografi demi kepentingan ekonomi dan politik mutakhir mereka, terlebih ketika sebagian mereka belakangan dengan terbuka memasuki ranah politik, baik menjadi kepala daerah atau jabatan ekskutif negara lainnya. Persoalan nasab dan segala yang terkait dengan golongan Arab ini pun tidak kalis oleh isu politik.
Baca Juga: Benarkah Nabi ﷺ Membolehkan Berkata Kotor?
Berdasarkan rumusan Syekh Shaduq di atas kita jadi mafhum dengan peringatan yang disampaikan para pemuka ulama Ahlusunnah wal Jamaah Nahdliyah (ASWAJA NU) tentang kewajiban memuliakan Ahlul-Bait Kanjeng Nabi SAW dan jangan sampai pernah terbersit dalam hati mencela, merendahkan dan mengabaikan mereka, tengah-tengah saja : memuliakan Ahlul-Bait, memuliakan nasab mereka, mengutamakan yang alim dan ahli zuhud di antara mereka, dan menjalankan kewajiban saling peringati dalam kesabaran dan kebenaran.
Tulisan ini juga bagian dari tabbarukan kepada Kanjeng Nabi SAW dan para Ahlul-Baitnya, baik secara nasab maupun maknawiyah, shuwariyah wa maknawiah.[]
Wal-Allah-yaquulul haqqa wayahdis sabil.
Kenapa harus pakai kata “mengklaim”, ya? Padahal memang benar mereka ahlul-bait.