Bagaimana Adab Bertetangga selama Ramadan?

Bagaimana Adab Bertetangga selama Ramadan
Ilustrasi/Dok.www.islampos.com

Bagaimana Adab Bertetangga selama Ramadan?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya. Bagaimana seharusnya adab bertetangga pada bulan Ramadan?

Fadila, di Padang Panjang

Waalaikum Salam

Bersikap baik terhadap tetangga sebenarnya bersifat mutlak, dalam artian tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sehingga baik di bulan Ramadan maupun tidak, baik di kota maupun di desa, kewajiban berbuat baik terhadap tetangga tetap berlaku.

Dalil bersikap baik terhadap tetangga jelas bersumber dari sebuah hadis sahih riwayatal-Bukhari dan Muslim. Hadis itu berbunyi, “barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hendaklahia memuliakan tetangganya!”.

Namun kalau mau dikhususkan pada bulan Ramadan, maka tentu adabnya lebih diarahkan sesuai dengan semangat yang diusung oleh bulan Ramadan itu sendiri, yaitu semangat kebersamaan, kepedulian terhadap sesama, serta saling hormat-menghormati. Semangat itu bisa diwujudkan dengan menjaga komunikasi yang baik dengan mereka. Saling berbagi makanan sahur ataupun berbuka (jika memungkinkan).

Cukup bagi kita mengamalkan hadis, “bukanlah seorang mukmin jika ia kenyang, sementara tetangganya sedang kelaparan”, (H.R. al-Hakim).[]

AllahuA’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Yunal Isra
Yunal Isra 36 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*