Bagaimana Cara Memenuhi Nafkah Batin Selama Ramadan?

Bagaimana Cara Memenuhi Nafkah Batin Selama Ramadan
Ilustrasi/Dok.https://webmuslimah.com/

Bagaimana Cara Memenuhi Nafkah Batin Selama Ramadan?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya, bagaimana caranya melayani nafkah batin suami selama Ramadan?

Meli, di Padang

Waalaikumsalam

Salah satu hal yang dapat membatalkan puasa adalah melakukan hubungan seksual suami istri pada siang hari bulan Ramadan. Perbuatan ini selain membatalkan puasa, pelakunya juga diganjari dosa (jika ia melakukannya secara sengaja padahal mengetahui keharamannya), sekaligus berkewajiban membayar kafarat.

Kewajiban membayar kafarat dengan memilih salah satu dari tiga hal berikut secara tertib berdasarkan kemampuan,  yaitu memerdekakan seorang budak. Kalau tidak sanggup berpuasa dua bulan berturut-turut. Dan jika tidak sanggup juga, memberi makan 60 orang fakir miskin.

Lantas pertanyaannya sekarang, apakah hubungan suami istri tersebut dilarang sama sekali pada Bulan Ramadan? Jawabannya tidak. Hubungan seksual suami istri tetap dibolehkan tapi pada malam hari.

Adapun dalilnya adalah terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah : 187 yang berbunyi, “dihalalkan bagimu pada malam bulan Ramadan untuk bercampur (melakukan hubungan seksual) dengan istrimu.

Hal di atas merupakan salah satu keringanan yang Allah SWT berikan kepada umat Nabi Muhammad Saw.

Allahu A’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Yunal Isra
Yunal Isra 34 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*