Bagaimana Cara Mendidik Anak Berpuasa?

Bagaimana Cara Mendidik Anak Berpuasa
Ilustrasi/Do.https://www.boombastis.com/

Bagaimana Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya, bagaimana cara mendidika anak supaya bisa berpuasa selama bulan Ramadan?

Almadi, di Padang

Waalaikumsalam

Mendidik anak untuk berpuasa sama wajibnya dengan mengajari mereka untuk mengerjakan salat, yaitu sejak mereka berumur 7 tahun. Namun jika mereka sudah berumur 10 tahun, akan tetapi mereka belum mau mengerjakannya, maka orang tua diperbolehkan untuk memukulnya dengan catatan tidak melukai ataupun menyakiti mereka.

Hal ini sesuai dengan semangat sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Hakim dalam kitab al-Mudtadrak­-nya. Meskipun hadis itu secara khusus menekankan perintah salat, namun para ulama seperti misalnya Syekh Zainudin al-Malibari dalam karyanya Fath al-Mu’in dan lain-lain, menganalogikannya kepada ibadah puasa, karena mereka menilai salat dengan puasa adalah dua ibadah yang sama-sama wajib dan bersifat personal (tidak bias digantikan pelaksanaannya oleh orang lain).

Adapun caranya diserahkan kepada kebijaksanaan masing-masing orang tua, asalkan tidak melukai ataupun menyakiti mereka. Bisa dengan mengajak mereka untuk bangun sahur bersama-sama, menoleransi mereka untuk berpuasa setengah hari, mengajari mereka tentang fadilah-fadilah puasa, dan lain sebagainya. AllahuA’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Yunal Isra
Yunal Isra 34 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*