Benarkah 17 Ramadan, Hari Diturunkannya al-Qur’an?

Benarkah 17 Ramadan, Hari Diturunkannya al-Qur’an
Ilustrasi/Dok. theatlantic.com

Benarkah 17 Ramadan, Hari Diturunkannya al-Qur’an?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya. Apakah benar 17 Ramadan, hari diturunkannya alQuran?

Andrian, di Koto Mambang

Waalaikumsalam

Sudah umum diketahui bahwa setiap tanggal 17 Ramadan umat Islam memperingati malam Nuzul al-Qur’an atau malam diturunkannya al-Qur’an. Pendapat ini pertama kali disampaikan oleh ahli sejarah muslim Ibnu Ishak yang kemudian dikutip oleh Muhammad Khudhari Bek dalam karyanya Tarekh Tasyri’ al-Islami.

Namun kalau ditilik lebih lanjut berdasarkan riwayat yang ada, ternyata al-Qur’an pertama kali turun pada tanggal 24 Ramadan, bukan tanggal 17 Ramadan. Hal ini berdasarkan sebuah hadis riwayat Imam Ahmad yang bersumber dari Watsilahibn al-Asqa’ dimana Nabi Muhammad Saw pernah bersabda,  

Shuhuf Nabi Ibrahim diturunkan pada hari pertama bulan Ramadan, Taurat diturunkan pada hari keenam Ramadan, Injil pada hari ketiga belas Ramadan, dan al-Qur’an pada hari kedua puluh empat Ramadan”.

Akan tetapi meskipun demikian, memperingatinya pada tanggal 17 Ramadan tidaklah masalah, karena hukum memperingati turunnya al-Qur’an hanyalah jaiz (boleh) semata-mata, bukan sebuah kebid’ahan yang dianggap sesat oleh sebagian kalangan.

AllahuA’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Share :
Yunal Isra
Yunal Isra 30 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*