Berapakah Jumlah Rakaat Salat Tarawih yang Benar?

Berapakah Jumlah Salat Tarawih yang Benar
Ilustrasi/ Via Pinterest

Berapakah Jumlah Salat Tarawih yang Benar?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya. Berapa rakaat salat tarawih yang benar, apakah 11 rakaat atau 23 rakaat?

Ricky, di Sijunjung


Waalaikumsalam

Tidak ada riwayat sahih yang menjelaskan jumlah spesifik salat Tarawih Nabi Muhammad SAW. Yang ada hanya lah riwayat yang menerangkan pemahaman para sahabat dan ulama setelah mereka terhadap jumlah bilangan Tarawih Nabi.

Sebagian mereka berpendapat bahwa jumlahnya adalah 20 rakaat berdasarkan hadis mauquf riwayat Imam al-Bukhari yang bersumber dari Saydina Umar Bin al-Khattab.

Pendapat inilah yang dipegang oleh mayoritas ulama, khususnya dalam mazhab Syafi’i.

Sebagian yang lain berpendapat hanya 8 rakaat saja berdasarkan hadis sahih riwayat al-Bukhari yang bersumber dari Sayyidah Aisyah.

Baca Juga: Bilangan Rakaat Tarawih Menurut Kajian Hadis Kiai Ali Mustafa Yaqub

Bahkan ada riwayat yang menyebutkan bahwa orang-orang Madinah dahulu pernah melakukannya sebanyak 36 rakaat, meskipun riwayat ini lemah menurut Imam Ibn Qudamah.

Kesimpulannya adalah, Salat Tarawih boleh saja dilakukan dalam jumlah yang beragam berpedoman kepada hadis umum yang sahih riwayat al-Bukhari yang menyebutkan:

barangsiapa yang mendirikan malam bulan Ramadan dengan keimanan dan penuh perhitungan, maka dosa-dosa kecilnya akan diampuni oleh Allah Swt”.

Allahu A’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Yunal Isra
Yunal Isra 36 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*