Bupati Kabupaten Agam “Dr. H. Andri Warman M.M” Hadiri Peresmian Asrama Putra MTI Tarusan Kamang dan Pelantikan Ikatan Alumni MTI (IAMTI) Tarusan Kamang

Selasa, 16 November 2021, Kehadiran Bapak Bupati Kab.Agam “Dr.H.Andri Warman M.M” disambut oleh grup dikia rabano santri MTI Tarusan Kamang. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kab.Agam Bapak “Dr. Novi Irwan ,S.Pd,M.M” dan Bapak Kakan Kemenag Kab. Agam yang diwakili oleh Kasi PD Pontren Bapak “Yunaldi S.Ag, MA”

Acara ini diawali dengan pelantikan pengurus Ikatan Alumni MTI Tarusan Kamang (IAMTI) periode 2021-2024 oleh Yayasan Arifin Djamil Tuanku Solok yang diwakili oleh sekretaris yayasan Dr.(c) Syamsul Akmal S.Ag M.M. Adapun Pengurus inti IAMTI periode 2021-2022 adalah Ketua: Andi Saputra S.H.I Dt Palindih, Wakil: Khairul Umam S.Th.I Tuanku Muhammad, Sekretaris Abdul Rahman dan Bendahara Zurniati.

Sambutan dari Yayasan Arifin Djamil Tuanku Solok yang disampaikan oleh Dr (c) Syamsul Akmal S.Ag M.M. beliau mengucapkan selamat kepada pengurus Ikatan Alumni MTI Tarusan Kamang (IAMTI) periode 2021-2024 dan ucapan selamat atas peresmian gedung asrama putra MTI Tarusan Kamang. Beliau juga berkisah tentang perjalanan MTI Tarusan. Dari dulu hingga sekarang perjalanan panjang yang berliku telah mewarnai MTI Tarusan Kamang. Hari ini, dengan semangat para alumni yang telah kembali pulang untuk menapaki jejak para guru terdahulu. MTI kita sudah mulai harum dan dikenal kembali di mata umat. PR terbesar kita adalah bagaimana agar nama MTI hari ini dapat semakin meningkat dalam kenyataan dan perjuangan.

Baca Juga: MTI Tarusan Kamang Melaksanakan Peresmian Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia

Sambutan oleh Ketua DPRD Kabupaten Agam Bapak Dr. Novi Irwan. Beliau menyampaikan bahwa Pondok Pesantren adalah tempat terbaik bagi orang tua untuk menitipkan anak-anaknya. Selain itu, beliau juga memberi motivasi kepada para santri agar kuat iman dan istiqomah di jalan Allah SWT. Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa tahun ini ada tambahan dua pesantren di Kamang Magek. Tentunya hal ini menambah kekuatan Kabupaten Agam sebagai Kabupaten yang memiliki pesantren Terbanyak di Provinsi Sumatera Barat. Tujuan pengembangan pesantren ini adalah agar Kabupaten Agam menjadi pusat perkembangan keagamaan di Indonesia bagian barat. Di samping itu, beliau juga menekankan bahwa pondok pesantren harus mandiri dan mencetak generasi muda yang berakhlakul karimah sesuai dengan ahlulssunah wal jama’ah.

Sambutan Bupati Agam :
Kabupaten agam adalah kabupaten yang memiliki pesantren terbanyak di 19 kabupaten se sumatera barat.
Pesan Bupati untuk Ikatan Alumni MTI Tarusan Kamang yang baru alumni “ mari kita membangun almamater kita”. Untuk mewujudkan 3 program Pendidikan yaitu agama, adat istiadat, dan umum, Bupati menuturkan bahwa untuk menyokong Adat istiadat dalam membangun agam yang maju , pemerintah kabupaten agam akan bersinergi dengan seluruh ketua Kerapatan Adat Nagai (KAN) di 82 nagari defintif yang ada di Agam. Sebagai lanjutannya Pemerintah Kabupaten Agam akan membuka program “BUNGA NAGARI” Bupati Nonton di Nagari-nagari”. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama, adat dan umum di Kabupaten Agam.

Seperti biasanya, Bupati menyampaikan program Beasiswa Sekolah di perguruan tinggi: adapaun syarat bagi para penerima beasiswa adalah pintar, ekonomi kurang mampu dan diutamakan yatim piatu. Beasiswa tersebut hanya diberikan kepada santri yang benar-benar gigih dalam mewujudkan cita-citanya.

Di samping itu, ilmu umum juga berguna untuk kedepannya sebab dalam dunia pendidikan kita tidak hanya dituntut untuk mempelajari ilmu agama saja akan tetapi kita juga harus mempelajari ilmu umum. Karena dalam dunia pendididkan ilmu agama dan ilmu umum sangat berguna dikemudian hari.

Terakhir Bupati Agam mengucapkan selamat atas peresmian gedung baru asrama putra MTI Tarusan Kamang dan selamat juga untuk ikatan alumni mti Tarusan Kamang periode 2021-2024 yang baru saja dilantik.

Baca Juga: akernas II Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) dan Deklarasi Penggabungan/Penyatuan IMTI dan KMI, IPTI dan PI

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan gedung baru asrama putra MTI Tarusan Kamang yang dimulai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Agam dan didampingi Ketua DPRD, Kakan Kemenag, Pimpinan Pondok dan Yayasan Arifin Djamil Tuanku Solok.

Oleh : Nurul Farhani (Santriwati Kelas 6 MTI Tarusan Kamang)