Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat

Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat
Ilustrasi/Dok. https://www.rappler.com/

Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat

Dalam rangka mengikut Nabi Muhammad SAW sampai hal-hal detail, imam Nawawi menguraikan beberapa hadis tentang surat-surat yang dibaca oleh Rasulullah SAW dalam salam setelah membaca al-Fatihah. Surat-surat ini alangkah baiknya dibaca dalam rangka cinta dan mengikuti Rasulullah SAW. Dengan catatan sebagaimana dibahas dalam “Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat” sebelumnya bagi para imam.

Dalam salat subuh, surat-surat yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW biasanya adalah surat-surat al-Mufasshal yang panjang, rentang 60 ayat sampai 100 ayat, seperti surat al-Mukminun, surat al-Hujurat, surat al-Waqi’ah, surat Qaf, dan lain-lain. Di antara dalilnya adalah hadis-hadis berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ قَالَ ” كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الصُّبْحَ فَيَنْصَرِفُ الرَّجُلُ فَيَعْرِفُ جَلِيسَهُ وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ أَوْ إحْدَاهُمَا مَا بَيْنَ السِّتِّينَ إلَى الْمِائَةِ ” رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ وَهَذَا لَفْظُ رِوَايَةِ الْبُخَارِيِّ وَسَائِرِ رِوَايَاتِهِ وَرِوَايَاتِ مُسْلِمٍ ” يَقْرَأُ فِي الْفَجْرِ مَا بَيْنَ السِّتِّينَ إلَى الْمِائَةِ ”

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata; Nabi Muhammad SAW salat subuh (yang apabila telah selesai salat) maka orang pun dapat mengenali orang yang duduk di sampingnya. Beliau membaca surat dalam salat subuh pada kedua rakaatnya, atau salah satunya kira-kira antara enam puluh hingga seratus ayat. (H.R. al-Bukhari dan Muslim, redaksi dalam al-Bukhari)

عن عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال ” صلى لنا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصُّبْحَ بِمَكَّةَ فاستفتح سورة المؤمنين حتى جاء ذكر موسي وهرون أَوْ حَتَّى جَاءَ ذِكْرُ عِيسَى أَخَذَتْ النَّبِيَّ صلي الله عليه وسلم سلعة فَرَكَعَ ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abdullah bin Saib RA, ia berkata: Nabi Muhammad SAW salat subuh bersama kami di Mekah. Beliau memulai membaca surat dengan membaca surat al-Mu’minun (Qad aflaha al-mukminun) hingga sampai pada penyebutan Musa dan Harun atau penyebutan Isa, maka mulailah Nabi Muhammad SAW suaranya serak, lalu beliau rukuk.” (H.R. Muslim)

 وَعَنْ قُطْبَةَ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ” أَنَّهُ صَلَّى مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصُّبْحَ فَقَرَأَ فِي أَوَّلِ ركعة والنخل باسقات لها طلع نضيد أَوْ رُبَّمَا قَالَ فِي ق ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Quthbah bin Malik RA: Sesungguhnya Quthbah salat subuh bersama Nabi Muhammad SAW, beliau membaca pada rakaat pertama surat ‘Wannakhla Basiqat Laha Thal’ Nadhid’ dan bisa jadi beliau membaca, ‘Qaf’. (H.R. Muslim)

وَعَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” كَانَ يَقْرَأُ في الفجر بقاف والقرآن المجيد وَكَانَ صَلَاتُهُ بَعْدُ تَخْفِيفًا ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Jabir bin Samurah RA: Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pernah membaca pada salat subuh, ‘Qaf wal Qur’an al-Majid’. Dan salatnya beliau sesudah itu adalah ringan.” (H.R. Muslim)

 وَعَنْ ابْنِ حُرَيْثٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ” أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يقرأ في الفجر والليل إذا عسعس ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Amru bin Huraits RA: Sesungguhnya dia mendengar Nabi Muhammad SAW membaca dalam salat subuh, ‘Wallaili idza ‘as’as’.” (H.R. Muslim)

 وَعَنْ مُعَاذِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الحفني أَنَّ رَجُلًا مِنْ جُهَيْنَةَ أَخْبَرَهُ ” أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يقرأ في الصبح إذا زلزلت الارض في الركعتين كلها فَلَا أَدْرِي أَنَسِيَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ قَرَأَ ذَلِكَ عَمْدًا ” رَوَاهُ أَبُو دَاوُد بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ

Dari Mu’adz bin Abdillah al-Hifni: Sesungguhnya seorang laki-laki dari Juhainah menceritakan kepadanya bahwa dia mendengar Nabi Muhammad SAW membaca dalam salat subuh surat idza zulzilatil ardlu (surat al-zalzalah) pada kedua rakaatnya. Maka aku tidak tahu apakah Rasulullah SAW lupa atau membacanya juga di rakaat kedua karena sengaja. (H.R. Abu Daud, sanadnya sahih)

 وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ” كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الفجر الجمعة الم تنزيل السجدة وهل اتي علي الإنسان ” رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ وَرَوَاهُ مُسْلِمٌ أَيْضًا عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW membaca surat alif lam tanzil (surat al-Sajdah) dan surat hal ata ‘alal insan (surat al-Dahr/al-Insan) dalam salat subuh di hari jumat. (H.R. al-Bukhari dan Muslim. Pada riwayat Muslim hadis dari juga dari Ibn Abbas RA)

Baca Juga: Nama-nama Lain Surat al-Fatihah

Dalam salat zuhur, surat yang dibaca adalah surat al-Mufasshal yang panjang, tetapi tidak sepanjang ayat atau surat yang dibaca dalam salat subuh, yaitu sekira-kira tiga puluh ayat.  Adapun dalam salat asar, surat yang dibaca adalah surat al-Mufasshal yang menengah, setengah dari salat zuhur, yakni sekira-kira lima belas ayat. Di antara hadis-hadis yang menjelaskannya adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ” كَانَتْ الصَّلَاةُ تُقَامُ فَيَنْطَلِقُ أَحَدُنَا إلَى الْبَقِيعِ فَيَقْضِي حَاجَتَهُ ثُمَّ يَأْتِي أَهْلَهُ ثُمَّ يَرْجِعُ إلَى الْمَسْجِدِ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Sa’id al-Khudri RA, ia berkata: Dahulu salat zuhur telah diiqamatkan, lalu salah seorang dari kami pergi ke al-Baqi’ (tempat buang hajat dekat Madinah), lalu dia menunaikan hajatnya, kemudian dia mendatangi keluarganya, lalu berwudlu, kemudian dia kembali ke masjid Nabawi, sementara Rasulullah SAW masih berada pada rakaat pertama’. (H.R. Muslim)

 وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَيْضًا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الظُّهْرِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ قَدْرَ ثَلَاثِينَ آيَةً وَفِي الْأُخْرَيَيْنِ قَدْرَ خَمْسَ عَشْرَةَ آيَةً – أَوْ قَالَ نصف ذلك – وفي العصر في الركعتين الأوليين فِي كُلِّ رَكْعَةٍ قَدْرَ خَمْسَ عَشْرَةَ آيَةً وَفِي الْأُخْرَيَيْنِ قَدْرَ نِصْفِ ذَلِكَ ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Sa’id al-Khudri RA: Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW membaca dalam salat zuhur pada dua rakaat yang pertama (rakaat pertama dan kedua) setiap rakaatnya sekira-kira tiga puluh ayat, sedangkan pada dua rakaat yang terakhir (rakaat ketiga dan keempat) sekira-kira lima belas ayat (atau Abu Sa’id berkata setengah dari yang pertama). Pada salat asar Nabi Muhammad SAW membaca pada dua rakaat yang pertama setiap rakaatnya sekira-kira lima belas ayat, sedangkan pada dua rakaat yang terakhir beliau membaca sekira-kira setengah dari yang pertama. (H.R. Muslim)

 وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ أَيْضًا قَالَ ” حَزَرْنَا قِيَامَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ فَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ الظُّهْرِ بِقَدْرِ ثَلَاثِينَ آيَةً قَدْرَ الم تنزيل السَّجْدَةَ وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأَخِيرَتَيْنِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأُولَيَيْنِ مِنْ الْعَصْرِ عَلَى قَدْرِ الْأَخِيرَتَيْنِ مِنْ الظُّهْرِ وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأَخِيرَتَيْنِ مِنْ الْعَصْرِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Sa’id al-Khudri RA, ia berkata: Kami memperkirakan berapa lama berdiri Rasulullah SAW pada salat zuhur dan asar. Perkiraan kami lama berdiri beliau pada dua rakaat pertama dalam salat zuhur itu sekira-kira bacaan tiga puluh ayat sekitar surat alif lam tanzil (surat al-Sajdah), sementara pada dua rakaat terakhir sekira-kira setengah dari yang pertama. Adapun perkiraan kami lama berdiri beliau pada dua rakaat pertama dalam salat ashar adalah sekira-kira ukuran dua rakaat terakhir pada salat zuhur, sementara pada dua rakaat terakhir salat asar adalah sekira-kira setengah dari yang pertama. (H.R. Muslim)

وَعَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ ” كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يقرأ في الظهر بالليل إذَا يَغْشَى وَفِي الْعَصْرِ بِنَحْوِ ذَلِكَ وَفِي الصُّبْحِ أَطْوَلَ مِنْ ذَلِكَ ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Jabir bin Samurah RA, ia berkata: Nabi Muhammad SAW membaca pada salat zuhur surat wallaili idza yaghsya (surat al-lail), sementara pada salat asar juga seperti salat zuhur. Adapun pada salat subuh bacaan beliau lebih panjang dari salat zuhur dan asar. (H.R. Muslim)

 وَعَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” كَانَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى وَفِي الصُّبْحِ أَطْوَلَ مِنْ ذَلِكَ ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Jabir bin Samurah RA, bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pada salat zuhur membaca surat sabbihisma rabbikal a’la (surat al-a’la), sedangkan pada salat subuh lebih panjang dari itu. (H.R. Muslim)

 وَعَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” كَانَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِالسَّمَاءِ ذات البروج والسماء والطارق ونحوهما من السور ” رواه أبودواود وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ

Dari Jabir bin Samurah RA, bahwa Rasulullah SAW pada salat zuhur dan asar membaca surat wassama’i dzatil buruj (surat al-Buruj), surat wassama’i wath thariq (surat al-Thariq) dan surat-surat lain yang semisal dengan keduanya. (H.R. Abu Daud dan al-Tirmidzi, hadis hasan)

 وَالنَّسَائِيُّ وَعَنْ الْبَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ” كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ فَنَسْمَعُ مِنْهُ الْآيَةَ بَعْدَ الْآيَاتِ مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ ” رَوَاهُ النَّسَائِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ

Dari al-Barra’ bin Azib RA, ia berkata: Rasulullah SAW salat zuhur bersama kami. Kami mendengar beliau membaca satu ayat setelah beberapa ayat dari surat Luqman dan al-Dzariyat. (H.R. al-Nasa’i dan Ibn Majah. Sanadnya bagus)

Baca Juga: Ketentuan Membaca Surat al-Fatihah dalam Salat

Dalam salat maghrib, surat yang biasa dibaca adalah surat al-Mufasshal yang pendek-pendek, meskipun kalau bisa juga dibaca yang panjang-panjang. Di antara surat yang sering dibaca adalah:

وَأَمَّا الْمَغْرِبُ فَعَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ” سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِالطُّورِ فِي الْمَغْرِبِ ” رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Jubair bin Muth’im RA, ia berkata: Aku mendengar Nabi Muhammad SAW membaca surat al-Thur dalam salat maghrib. (H.R. al-Bukhari dan Muslim)

وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ أُمَّ الْفَضْلِ وَهِيَ أُمُّهُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا سَمِعَتْهُ وَهُوَ يَقْرَأُ وَالْمُرْسَلاتِ عرفا فَقَالَتْ يَا بُنَيَّ وَاَللَّهِ لَقَدْ ذَكَّرْتَنِي بِقِرَاءَتِكَ هَذِهِ السُّورَةَ أَنَّهَا لَآخِرُ مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهَا فِي الْمَغْرِبِ ” رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ ومسلم

Dari Ibn Abbas RA, sesungguhnya Ummu Fadhal RA –yakni ibunya- mendengar Ibn Abbas membaca surat wal mursalati ‘urfa (surat al-Mursalat), lalu Ummu Fadhal berkata: Wahai Anakku, demi Allah sungguh bacaan surat mu itu mengingatkanku bahwa surat itu adalah akhir yang aku dengar dari Rasulullah SAW yang beliau baca dalam salat maghrib. (H.R. al-Bukhari dan Muslim)

 وعن مروان ابن الْحَكَمِ قَالَ ” قَالَ لِي زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ رضي الله عنه مالك تقرأ في المغرب بقصار وقد سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِطُولَى الطُّولَيَيْنِ ” رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ هَكَذَا قَالَ ابْنُ أَبِي مليكة طول الطوليين الاعراف والمائدة

Dari Marwan bin al-Hakam RA, ia berkata: Zaid bin Tsabit berkata kepadaku: Ada ada dengan mu? kenapa kamu membaca dalam salat magrib dengan surat yang pendek-pendek, padahal aku mendengar Rasulullah SAW membaca dengan dua surat yang panjang-panjang? (H.R. al-Bukhari). Seperti itu pula pendapat Ibn Abi Mulaikah, bahwa standar surat yang panjang-panjang itu adalah al-A’raf dan al-Maidah.

 رواه النَّسَائِيُّ بِإِسْنَادِهِ الصَّحِيحِ ” أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ قَالَ لِمَرْوَانَ أَتَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَإِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ قَالَ نَعَمْ قال – يعنى زيدا – فمحلوقة لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يقرأ فيها بأطول الطولين المص “

Dalam riwayat al-Nasa’i dengan sanad yang sahih: Bahwa Zaid bin Tsabit berkata kepada Marwan: Apakah kamu membaca dalam salat maghrib dengan surat qul huwallahu ahad (surat al-Ikhlas) dan surat inna a’thaynakal kautsar (surat al-Kautsar)? Marwan berkata: Iya. Zaid berkata: Celaka kamu. Sungguh aku melihat Rasulullah SAW membaca dalam salat maghrib dengan surat yang panjang alif lam mim shad (surat al-A’raf). (H.R. al-Nasa’i)

 وعن عائشة رضى اله عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” قَرَأَ فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ بِسُورَةِ الْأَعْرَافِ فَرَّقَهَا فِي رَكْعَتَيْنِ ” رَوَاهُ النَّسَائِيُّ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ

Dari Aisyah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW membaca dalam salat maghrib dengan surat al-A’raf yang beliau bagi dalam dua rakaat. (H.R. al-Nasa’I dengan isnad hasan)

 وَعَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ” مَا صَلَّيْتُ وَرَاءَ أَحَدٍ أَشْبَهَ صَلَاةً بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فُلَانٍ قَالَ سُلَيْمَانُ كَانَ يُطِيلُ الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ الظُّهْرِ وَيُخَفِّفُ الْأَخِيرَتَيْنِ وَيُخَفِّفُ الْعَصْرَ وَيَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِقِصَارِ الْمُفَصَّلِ وَيَقْرَأُ فِي الْعِشَاءِ بِوَسَطِ الْمُفَصَّلِ وَيَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ بِطِوَالِ الْمُفَصَّلِ ” رَوَاهُ النَّسَائِيُّ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ

Dari Sulaiman bin Yasar dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Aku tidak pernah salat di belakang seseorang yang lebih serupa dengan salat Rasulullah SAW dari si fulan. Sulaiman berkata: Fulan tersebut memanjangkan dua rakaat pertama salat zuhur dan meringankan dua rakaat terakhirnya. Ia meringankan bacaan salat asar. Ia membaca dalam salat magrib dengan surat-surat mufasshal yang pendek, dan membaca dalam salat isya’ dengan surat-surat mufasshal yang menengah, dan membaca dalam salat subuh dengan surat-surat mufasshal yang panjang. (H.R. al-Nasa’i dengan isnad sahih)

 وعن عبد الله السانحي ” أَنَّهُ صَلَّى وَرَاءَ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ الْمَغْرِبَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَسُورَةٍ مِنْ قِصَارِ الْمُفَصَّلِ ثُمَّ قَامَ فِي الرَّكْعَةِ الثَّالِثَةِ فَدَنَوْتُ حَتَّى أَنْ كَادَ تَمَسُّ ثِيَابِي بِثِيَابِهِ فَسَمِعْتُهُ قَرَأَ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَهَذِهِ الْآيَةِ: رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رحمة انك انت الوهاب “: رَوَاهُ مَالِكٌ فِي الْمُوَطَّأِ بِإِسْنَادِهِ الصَّحِيحِ

Dari Abdullah al-Sanabihi, sesungguhnya ia salat magrib di belakang Abu Bakar al-Shiddiq RA yang membaca dalam dua rakaat pertama dengan surat al-Fatihah dan surat-surat mufasshal yang pendek. Kemudian beliau berdiri pada rakaat ketiga, lalu aku mendekatinya hingga bajuku menyentuh bajunya. Aku kemudian mendengar beliau membaca surat al-Fatihah dan ayat rabbana laa tuzigh qulubana ba’da idz hadaytana wa habb lana min ladunka rahmataan innaka antal wahhab (surat ali imran ayat 8). (H.R. Malik dalam al-Muwattha’ dengan isnad sahih)

Dalam salat isya’, surat yang dibaca adalah surat al-Mufasshal yang menengah. Di antara hadisnya adalah sebagai berikut:

عَنْ الْبَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ” سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقْرَأُ فِي الْعِشَاءِ بِالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ وَمَا سَمِعْتُ احدا أحسن منه صوتا أو قراءة  رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari al-Bara’ bin ‘Adzib RA, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW membaca dalam salat isya dengan surat wattini wazzaitun (surat al-Tin). Aku tidak pernah mendengar suara atau bacaan yang lebih indah dari itu. (H.R. al-Bukhari dan Muslim)

 وَعَنْ أَبِي رَافِعٍ قَالَ ” صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ الْعَتَمَةَ فَقَرَأَ إِذَا السماء انشقت فَسَجَدَ فَقُلْتُ لَهُ فَقَالَ سَجَدْتُ خَلْفَ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Abu Rafi’, ia berkata: Aku Salat bersama Abu Hurairah. Beliau membaca surat idzassama’un syaqqat (surat al-Insyiqaq). Beliau kemudian sujud. Aku bertanya kepadanya. Beliau menjawab aku dahulu sujud di belakang Abu Qasim (Rasulullah) SAW.

 وَعَنْ جَابِرٌ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِمُعَاذٍ حِينَ طَوَّلَ فِي الْعِشَاءِ ” يَا مُعَاذُ إذَا أَمَمْتَ النَّاسَ فَاقْرَأْ بِالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَسَبِّحْ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَاقْرَأْ بِسْمِ رَبِّكَ وَاللَّيْلِ إذَا يغشي ” رواه البخاري ومسلم هذا لفظ أحد رِوَايَاتِ مُسْلِمٍ

Dari Jabir bin Abdillah RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW berkata kepada Mu’adz bin Jabal tatkala ia memanjangkan bacaan dalam salat isya: Wahai Mu’adz, apabila kamu menjadi imam di kalangan masyarakat, maka bacalah surat al-Syams, al-A’la, al-‘Alaq, al-Lail. (H.R. al-Bukhari dan Muslim, lafaz dari riwayat Muslim)

 وَعَنْ بُرَيْدَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” كَانَ يَقْرَأُ فِي العشاة الْآخِرَةِ بِالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَنَحْوِهَا مِنْ السُّوَرِ ” رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ

Dari Buraidah RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW membaca dalam salat Isya dengan surat al-Syams dan surat-surat semisalnya (H.R. al-Tirmidzi, hadis hasan)

Adapun dalam salat sunat, maka biasanya Nabi Muhammad SAW meringankan salatnya, terutama salat rawatib.  Diantara surat yang dibiasakan Rasulullah SAW dalam salat sunat adalah ayat-ayat yang sedikit atau surat-surat pendek. Misalnya disunnahkan pada rakaat fajar (dua rakaat sebelum subuh) untuk meringankan bacaan.

أنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ فِي الْأُولَى مِنْهُمَا { قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا } الْآيَةَ الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ وَفِي الْآخِرَةِ مِنْهُمَا { آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ }

Dari Ibn Abbas RA, sesungguhnya Rasulullah SAW membaca dalam dua rakaat fajar pada rakaat pertama membaca surat al-Baqarah ayat 136 dan pada rakaat kedua membaca surat Ali Imran ayat 52. (H.R. Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW membaca dalam dua rakaat fajar dengan surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas (H.R. Muslim)

 وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ ” رَمَقْتُ النبي صلي الله عليه وسلم عشرين سية مَرَّةً يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَالرَّكْعَتَيْنِ قبل الفجر قل يا ايها الكافرون وقل هو الله احد ” رَوَاهُ النَّسَائِيُّ بِإِسْنَادٍ جَيِّدٍ إلَّا أَنَّ فِيهِ رَجُلًا اخْتَلَفُوا فِي تَوْثِيقِهِ وَجَرْحِهِ وَقَدْ رَوَى له مسلم والله أعلم

Dari Ibn Umar RA, ia berkata: Aku benar-benar memperhatikan Nabi Muhammad SAW sebanyak dua puluh kali, beliau membaca dalam salat dua rakaat setelah maghrib dan dua rakaat sebelum subuh surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas. (H.R. al-Nasa’I dengan isnad jayyid, kecuali di dalamnya ada seseorang yang para ulama berbeda pendapat tentangnya apakah ditsiqahkan atau dijarhkan, tetapi imam Muslim mengambil riwayat dari seseorang itu).[]

Redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima tulisan berupa esai, puisi dan cerpen. Naskah diketik rapi, mencantumkan biodata diri, dan dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat Hadis Nabi tentang Surat yang Dibaca Setelah al-Fatihah dalam Salat

Share :
Zamzami Saleh
Zamzami Saleh 58 Articles
Calon Hakim Pengadilan Agama, Alumni Madrasah Tarbiyah Islamiyah MTI Canduang. Alumni al-Azhar Mesir dan Pascasarjana di IAIN IB Padang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*