Haul Buya H. Mansur Dt. Nagari Basa, Kamang

Haul Buya H. Mansur Dt. Nagari Basa, Kamang

Haul Buya Mansur

Haul Buya H. Mansur Dt. Nagari Basa, Kamang, akan dilaksanakan pada Selasa, 9 Maret 2021, bertempat di Surau Suluak Buya Mansur di Kamang Magek, Kab. Agam. Hal ini diinformasikan oleh kemanakan beliau, Ahmad Fauzi Nzs, di akun Facebooknya.

Acara Haul akan diisi dengan pembacaan Surat Yasiin, Pembacaan Doa dan Manaqib (kisah hidup) Buya Mansur. Kemudian acara juga diisi dengan agenda peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 442 H.

Ahmad Fauzi menyatakan bahwa kegiatan Haul ini adalah dalam rangka menghidupkan kembali surau dan pengajian sebagaimana yang telah dibina oleh Buya Mansur semasa hidupnya.

Baca Juga: Kiprah Tokoh Muda NU dari Luar Jawa yang Terlupakan: Buya KH. Mansur Dt. Nagari Basa, Tokoh Perti Patriotik Perintis NU di Sumatera Barat

Ada kegelisahan dari pihak anak kemanakan Buya Mansur dan masyarakat Kamang Magek pada umumnya ketika melihat warisan keilmuan dan tauladan beliau kurang semarak dan giat akhir-akhir ini.

Dia mengatakan Buya Mansur pernah berwasiat bahwa pengajian dan suluak jangan pernah berhenti. Haul ini adalah dalam rangka memulai kembali pengajian dan kegiatan suluk yang telah ditauladanlan oleh beliau.[]

Inyiak Ridwan Muzir
About Inyiak Ridwan Muzir 21 Articles
Anak siak Tarbiyah Islamiyah, anggota Surau Tuo Institute Yogyakarta

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan