IMTI Kota Padang Selenggarakan Hari Latihan Kader Tarbiyah (HALAKAH)

IMTI Kota Padang Selenggarakan Hari Latihan Kader Tarbiyah (HALAKAH)
Ilustrasi/M Kamil Alhakimi

Ikatan Mahasiswa Tarbiyah Islamiyah (IMTI) Kota Padang adakan Hari Latihan Kader Tarbiyah (HALAKAH) dimulai dari tanggal 29 November berakhir pada 1 Desember 2019. Acara ini berlangsung di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI) Batang Kabuang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

Acara HALAKAH ini bertema “Revitalisasi Nilai-nilai Ketarbiyahan untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah”. Acara ini dibuka secara resmi oleh Buya Mahyudin Tuangku Sutan. Beliau merupakan seorang sebagai Pimpinan PPMTI Batang Kabuang, selepas salat Isya berjamaah bersama dengan para santri. Pembukaan dihadiri oleh seluruh guru-guru, tim pengelola, panitia, dan peserta, Sabtu (29/11).

Kedatangan peserta disambut hangat oleh Buya Mahyudin dan berharap penuh kepada seluruh yang terkait atas kesuksesan HALAKAH yang diselenggarakan. “Keluarga PPMTI Batang Kabuang bahagia menjadi tuan rumah, semoga HALAKAH bisa berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya,” ucap Buya.

Baca Juga: MTI-YATI Kamang Adakan Latihan Kepemimpinan

Ketua umum IMTI Sumatera Barat, Abdur Rahman menjelaskan saat pembukaan bagaimana penyelenggaraan HALAKAH merupakan pelatihan untuk mahasiswa tamatan pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah yang melanjutkan perkuliahan secara umum dan terkhusus di Kota Padang. “Sebelumnya HALAKAH juga diadakan di kota-kota besar seperti Bukittinggi dan Jakarta oleh pengurus IMTI Agam-Bukittinggi dan IMTI Jabodetabek,” ungkap Rahman.

Suasana HALAKAH IMTI Kota Padang, Photo dok. M Kamil Alhakimi

Akhir kata Rahman berharap “Semoga bisa mempererat hubungan persaudaraan kita sesama Tarbiyah Islamiyah”. Sebuah harapan yang tidak muluk-muluk, bukan?

Berkat terwujudnya HALAKAH di Kota Padang, M Kamil Alhakimi selaku ketua umum IMTI Kota Padang menyempaikan maksud diselenggarakannya acara ini ini demi menjaga nilai-nilai Tarbiyah Islamiyah. Dia juga berharap, “Kita orang Tarbiyah Islamiyah hendaknya menjadi garis depan untuk membela ahlus sunnah wal jamaah, karena ini manhaj yang “betul” dan sesuai sanad yang diterima dari ulama serta guru-guru kita sampai ke rasulullah, ” paparnya.

Di dalam acara ini ketua panitia HALAKAH, Roni juga membacakan laporan HALAKAH terdapat 21 peserta yang turut ikut. “9 putra dan 12 putri dari berbagai pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah di Sumatera Barat ambil andil memeriahkan HALAKAH”.[]

Share :
Ilham Arrasulian
Ilham Arrasulian 6 Articles
Mhd Ilham Armi adalah nama yang diberikan oleh kedua orang tua. Berkuliah di UIN Imam Bonjol Padang, tamatan Ponpes MTI Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Belajar membaca dan menulis untuk menjadi sebaik-baik anak yang baik bagi orang tua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*