Jadawil Pati Kiraan Karya Syekh Thahir Jalaluddin (W 1376/1956)

Jadawil Pati Kiraan Karya Syekh Thahir Jalaluddin (W 13761956)
Foto kitab Jadawil Pati Kiraan Karya Syekh Thahir Jalaluddin (W 13761956)/Dok.Penulis

Syekh Thahir Jalaluddin (W 1376/1956) adalah ulama astronomi yang mumpuni. Di dalam kitab Jadawil Pati Kiraan ini beliau membahas tentang kaidah-kaidah perhitungan ilmu falak dengan menggunakan logaritma. Di dalamnya terdapat sejumlah tabel astronomi serta koordinat geografi untuk 136 lokasi di berbagai wilayah (dunia).

Judul lengkap buku ini adalah “Jadawil Pati Kiraan Pada Menentukan Waktu Yang Lima dan Hala Qiblat Dengan Logharitma” karya Syekh Thahir Jalaluddin (w. 1376/1956). Membahas tentang kaidah-kaidah perhitungan ilmu falak dengan menggunakan logaritma. Di dalamnya terdapat sejumlah tabel astronomi dalam bentuk lampiran, diantaranya tabel bujur Matahari, perata waktu, tabel setengah lingkaran matahari, tabel waktu Zuhur, dan contoh-contoh perhitungan waktu salat dan arah kiblat, serta koordinat geografi untuk 136 lokasi di berbagai wilayah (dunia).

Pada bagian pendahuluan dijelaskan mengenai penggunaan logaritma dan uraian beberapa istilah yang lazim digunakan dalam perhitungan ilmu falak. Syekh Thahir juga memperkenalkan unsur-unsur yang biasa digunakan dalam perhitungan ilmu falak yaitu tata cara perhitungan sudut jam Matahari (fadhl ad-dā’ir) dan zenit Matahari (samt asy-syams) dengan menggunakan nilai ketinggian Matahari yang telah diketahui. Bagian akhir “Pati Kiraan” menjelaskan hal yang berkaitan dengan penentuan mihrab dan penggunaan kompas serta teodolit.

Baca Juga:
1. Buya Hamka: Saya Kembali ke Rukyah
2. Raudhah al-Hussâb fî A’mâl al-Hisâb, Manuskrip Matematika Islam Nusantara Karangan Syekh Ahmad Khatib Minangkabau

Pada halaman 13 terdapat catatan tentang guru Syekh Thahir Jalaluddin, yaitu Syekh Muhammad bin Yusuf al-Khayyath (Syekh al-Khayyath). Sang guru ini adalah salah satu ulama Haramain (Makkah) yang mengajar berbagai ilmu (agama) di Masjidil Haram, khususnya ilmu hisab (aritmetika) dan ilmu falak (astronomi). Selain itu, beliau juga pernah ditetapkan menjadi Syekh Kedah. Syekh al-Khayyath meninggal dunia di Batuban, Pulau Pinang, pada malam Rabu, tanggal 17 Rajab 1333 H/1914 M.

Buku “Jadawil Pati Kiraan” selesai ditulis pada tanggal 15 Syakban 1356 H/1936 M. Cetakan pertama diterbitkan oleh Al-Ahmadiyah Press, Singapura, tahun 1357 H/1938 M. Buku ini dicetak dalam bentuk kombinasi tulisan Melayu-Jawi dan Latin-Rumi. Medan, 9 Ramadhan 1438 H

Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar
Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar 1 Article
Dosen di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*