Kapan Seharusnya Berniat untuk Puasa?

Kapan Seharusnya Berniat untuk Puasa
Ilustrasi/dok. http://www.elinabroun.com/

Kapan beriat Puasa? Kapan Berniat Puasa?

Assalamualaikum,

Izinkan saya bertanya, kapan seharusnya kita berniat untuk puasa? Sejauh yang kebanyakan orang tahu, niat puasa itu dilakukan pada waktu ketika usai melaksanakan makan sahur.

Arman, dari Pariaman

Waalaikumsalam

Niat puasa berbeda dengan niat ibadah pada umumnya. Jika niat ibadah lain harus persis di awal pelaksanaannya, maka niat puasa harus lebih terdahulu dari puasanya, tepatnya pada malam hari. Malam yang dimaksud di sini adalah waktu setelah terbenamnya matahari hingga sesaat menjelang terbitnya fajar penanda masuknya waktu subuh. Sehingga boleh saja bagi seseorang berniat puasa setelah Salat Maghrib/Isya, setelah Salat Tarawih, sesaat sebelum tidur, ataupun setelah selesai makan sahur, asalkan waktu Subuh belum masuk.

Hal ini berdasarkan hadis hasan riwayat Imam Nasa’i dan lainnya. Bagi penganut Mazhab Syafi’i, niat seperti ini harus diucapkan setiap malam Bulan Ramadan. Namun ada juga ulama dari kalangan Mazhab Maliki yang membolehkan satu niat di awal Ramadan untuk seluruh puasa 30 hari. Akan tetapi akan lebih baik jika seseorang berniat puasa untuk 30 hari di awal Ramadan, kemudian memperbaharuinya pada tiap malam Ramadan sebagai bentuk kehati-hatian.

Wallahu A’lam

Ustaz Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Kapan Niat Puasa? Kapan Niat Puasa?

Yunal Isra
Yunal Isra 32 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*