Kebaikan serta Balasannya

Kebaikan serta Balasannya Kebaikan serta Balasannya

Dalam satu hadis yang diterima dari sahabat Abu Hurairah رضي الله عنه yang diriwayatkan oleh Imam Muslim disebutkan Rasulullah ﷺ bersabda :

من نفس عن مسلم كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب يوم القيامة, ومن يسر علی معسر يسر الله عليه فی الدنيا والاخرة, ومن ستر مسلما ستره الله فی الدنيا ولاخرة, والله فی عون العبد ماكان العبد فی عون اخيه (رواه مسلم)

Siapa saja yang meringankan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan meringankan kesusahannya pada hari kiamat. Siapa yang memudahkan seseorang yang mendapat kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat. Dan siapa yang menutupi aib seorang muslim, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hambanya selama ia menolong saudaranya [HR. Imam Muslim].

Selagi bisa dipermudah untuk apa dipersulit? Selagi bisa ditutupi untuk apa dibuka [aibnya]? Jangan dibalik.

Siapa yang memberi pinjaman kepada orang lain, kemudian orang yang meminjam tersebut sangat ingin untuk membayarnya namun belum mampu, beri-tangguhlah karena selama itu ia [pinjaman] akan bernilai pahala sedekah.

Baca Juga: Hati-hati ‘Memasangkan’ Ayat

Dalam Riwayat lain [juga diterima dari Sahabat Abu Hurairah riwayat Imam Bukhari] disebutkan:

من اخذ اموال الناس يريد اداءها ادی الله عنه, ومن اخذها يريد اتلافها اتلفه الله عنه
(رواه البخاري)

Siapa yang mengambil harta orang lain dengan maksud mengembalikannya nanti, maka Allah akan menolongnya untuk dapat mengembalikannya [membayarnya]. Sebaliknya jika ia bermaksud untuk tidak mau mengembalikannya maka Allah akan membinasakannya.

Waallahu A’lam.

Pardi Syahri
About Pardi Syahri 3 Articles
Alumni MTI Candung 2004, Alumni Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN IB PADANG

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*