Kesyirikan dalam Sumpah Pramuka?

Kesyirikan dalam Sumpah Pramuka
Ilustrasi Dok.

Kesyirikan dalam Sumpah Pramuka?

Seperti dalam gambar di bawah ini yang langsung divonis kufur atau syirik karena sumpah Pramuka ada unsur sumpah selain Allah, berdasarkan riwayat berikut:

ﻋﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﻴﺪﺓ، ﺃﻥ اﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺳﻤﻊ ﺭﺟﻼ ﻳﻘﻮﻝ: ﻻ ﻭاﻟﻜﻌﺒﺔ، ﻓﻘﺎﻝ اﺑﻦ ﻋﻤﺮ: ﻻ ﻳﺣﻠﻒ ﺑﻐﻴﺮ اﻟﻠﻪ، ﻓﺈﻧﻲ ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: «ﻣﻦ ﺣﻠﻒ ﺑﻐﻴﺮ اﻟﻠﻪ ﻓﻘﺪ ﻛﻔﺮ ﺃﻭ ﺃﺷﺮﻙ»

Dari Sa’d bin Ubaidah bahwa Ibnu Umar mendengar seseorang bersumpah: “Tidak, Demi Ka’bah”. Ibnu Umar berkata: “Tidak boleh bersumpah dengan selain Allah. Sebab saya mendengar bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka ia telah kafir atau syirik” (HR Tirmidzi).

Postingan Intagram @Ittibarasul1

Jangan gegabah dulu dalam memahami dalil. Imam Tirmidzi yang meriwayatkan hadis di atas masih melanjutkan kutipannya:

ﻭﻓﺴﺮ ﻫﺬا اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻨﺪ ﺑﻌﺾ ﺃﻫﻞ اﻟﻌﻠﻢ: ﺃﻥ ﻗﻮﻟﻪ «ﻓﻘﺪ ﻛﻔﺮ ﺃﻭ ﺃﺷﺮﻙ» ﻋﻠﻰ اﻟﺘﻐﻠﻴﻆ

Hadis ini ditafsirkan oleh sebagian ulama bahwa yang dimaksud kufur dan syirik adalah sebagai ancaman yang memberatkan (Sunan Tirmidzi).

Baik Imam Nawawi atau Al-Hafidz Ibnu Hajar menyampaikan pendapat ulama yang memberi rincian dalam sumpah dengan selain Allah:

ﻭﻗﺎﻝ ﺇﻣﺎﻡ اﻟﺤﺮﻣﻴﻦ اﻟﻤﺬﻫﺐ اﻟﻘﻄﻊ ﺑﺎﻟﻜﺮاﻫﺔ ﻭﺟﺰﻡ ﻏﻴﺮﻩ ﺑﺎﻟﺘﻔﺼﻴﻞ ﻓﺈﻥ اﻋﺘﻘﺪ ﻓﻲ اﻟﻤﺤﻠﻮﻑ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ اﻟﺘﻌﻈﻴﻢ ﻣﺎ ﻳﻌﺘﻘﺪﻩ ﻓﻲ اﻟﻠﻪ ﺣﺮﻡ اﻟﺤﻠﻒ ﺑﻪ ﻭﻛﺎﻥ ﺑﺬﻟﻚ اﻻﻋﺘﻘﺎﺩ ﻛﺎﻓﺮا ﻭﻋﻠﻴﻪ ﻳﺘﻨﺰﻝ اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﻭﺃﻣﺎ ﺇﺫا ﺣﻠﻒ ﺑﻐﻴﺮ اﻟﻠﻪ ﻻﻋﺘﻘﺎﺩﻩ ﺗﻌﻈﻴﻢ اﻟﻤﺤﻠﻮﻑ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻳﻠﻴﻖ ﺑﻪ ﻣﻦ اﻟﺘﻌﻈﻴﻢ ﻓﻼ ﻳﻜﻔﺮ ﺑﺬﻟﻚ ﻭﻻ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﻳﻤﻴﻨﻪ

Imam Al-Haramain berkata bahwa Mazhab Syafi’i memastikan hukumnya makruh. Dan ulama lainnya memberi perincian; jika yang dijadikan sumpah diagungkan seperti mengagungkan Allah maka sumpah seperti ini hukumnya haram dan menyebabkan kekufuran. Inilah yang dimaksud dalam hadis Tirmidzi di atas. Dan jika seseorang bersumpah dengan selain Allah karena meyakini kebesarannya yang sesuai dengan keagungannya (tidak seperti keagungan Allah) maka tidak sampai kufur, tetapi sumpahnya tidak sah (Fath Al-Bari, 11/531).

Baca Juga: SUMPAH

Baca Juga: Replika Capal atau Sandal Nabi SAW

Kesimpulannya, sumpah dengan selain Allah hukumnya ada yang menyatakan makruh, sebagian ulama berpendapat haram, dan jika sampai mengagungkan seperti mengagungkan Allah maka ini yang dihukumi kufur atau syirik. Tetapi dalam sumpah Pramuka “Demi kehormatanku…” Tidak sampai kufur atau syirik sebab tidak sampai mengagungkan kehormatan diri seperti mengagungkan Allah.

About Ma'ruf Khozin 55 Articles
Alumni pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Aktif mengisi ceramah umum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*