ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Pada suatu malam Nabi ﷺ berada di Hijir Ismail dekat Ka’bah al Musyarrofah, saat itu Beliau ﷺ berbaring di antara paman beliau Sayyiduna Hamzah dan sepupu beliau sayyiduna Jakfar bin Abi Thalib. Tiba-tiba Malaikat Jibril, Mikail dan Israfil menghampiri Beliau ﷺ lalu membawa Beliau ﷺ ke arah sumur zamzam, setibanya di sana kemudian mereka merebahkan
tubuh Rasulullah ﷺ untuk dibelah dada Beliau oleh Jibril AS.
Dalam riwayat lain disebutkan suatu malam terbuka atap rumah Beliau ﷺ, kemudian turun Jibril AS, lalu Jibril membelah dada Beliau yang mulia sampai di bawah perut Beliau ﷺ.
Lalu Jibril berkata kepada Mikail: “Datangkan kepadaku nampan dengan air zam-zam agar aku bersihkan hatinya dan aku lapangkan dadanya”.
Dan perlu diketahui bahwa penyucian ini bukan berarti hati Nabi ﷺ kotor, tidak, justru Nabi ﷺ sudah diciptakan oleh Allah dengan hati yang paling suci dan mulia, hal ini tidak lain untuk menambah kebersihan di atas kebersihan, kesucian di atas kesucian, dan untuk lebih memantapkan dan menguatkan hati Beliau ﷺ, karena akan melakukan suatu perjalanan maha dahsyat dan penuh hikmah serta sebagai kesiapan untuk berjumpa dengan Allah SWT.
Kemudian Jibril AS mengeluarkan hati Beliau ﷺ yang mulia lalu menyucinya tiga kali, kemudian didatangkan satu nampan emas dipenuhi hikmah dan keimanan, kemudian dituangkan ke dalam hati Beliau ﷺ, maka penuhlah hati itu dengan kesabaran, keyakinan, ilmu dan kepasrahan penuh kepada Allah, lalu ditutup kembali oleh Jibril AS.
Rasulullah ﷺ dibedah dadanya oleh malaikat itu sebanyak empat kali. Pertama, saat beliau ﷺ masih balita, saat masih diasuh oleh Halimatus Sa’diyyah. Dada beliau ﷺ dibedah, hati beliau ﷺ dikeluarkan, lalu ada segumpal darah yang dibuang, yaitu ‘hazzhus syaithan’ (bagian setan). Kedua, saat beliau ﷺ usia sepuluh tahun. Hikmahnya adalah sebab usia ini mendekati usia baligh atau taklif, maka dada beliau pun dibedah dan disucikan dari apapun yang tidak baik jika disandang oleh seorang tokoh.
Ketiga, saat Jibril as datang dengan wahyu pertamanya, atau saat Rasulullah di-nubuwat-kan. Dada beliau ﷺ dibedah dan hati beliau dibersihkan lagi dan diberi tambahan kekuatan, agar mampu menanggung beratnya Wahyu Ilahi yang hendak beliau ﷺ terima.
Keempat, saat beliau ﷺ akan di-Isra’ Mi’raj-kan. Beliau dibedah lagi dadanya dan ditambahkan lagi kekuatan hatinya, sebab beliau akan menghadap Allah ta’ala secara langsung, maka beliau butuh kekuatan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya.
Semua pembedahan dada Rasulullah ﷺ itu real, benar-benar dada beliau ﷺ dibedah. Bahkan Sayyidina Anas ra, sahabat sekaligus pelayan beliau ﷺ, mengaku pernah melihat bekas jahitan pembedahan itu di dada Rasulullah ﷺ . Jadi tidak perlu ditakwil-takwil bahwa peristiwa itu hanyalah perlambang atau secara maknawi saja, atau takwilan lainnya. Dan Imam As Suyuthi rahimahullah mengatakan bahwa orang yang tidak percaya peristiwa tersebut lalu menakwilinya hanyalah orang-orang bodoh. Mereka tidak mendapatkan taufiq dari Allah ta’ala untuk mengimaninya, sebab mereka terhijab oleh akal dan sains yang mereka imani.
Kembali ke perjalanan Isra Mi’raj
Setelah itu disiapkan untuk Baginda Rasulullah binatang Buraq lengkap dengan pelana dan kendalinya, binatang ini berwarna putih, lebih besar dari himar lebih rendah dari baghal, dia letakkan telapak kakinya sejauh pandangan matanya, panjang kedua telinganya, jika turun dia mengangkat kedua kaki depannya, diciptakan dengan dua sayap pada sisi pahanya untuk membantu kecepatannya.
Saat hendak menaikinya, Nabi Muhammad ﷺ merasa kesulitan, maka meletakkan tangannya pada wajah buraq sembari berkata: “Wahai buraq, tidakkah kamu merasa malu, demi Allah tidak ada Makhluk Allah yang menaikimu yang lebih mulia daripada dia (Rasulullah)”. Mendengar ini, buraq merasa malu sehingga sekujur tubuhnya berkeringat, setelah tenang, naiklah Rasulullah ke atas punggungnya, dan sebelum Beliau ﷺ banyak Anbiya’ yang menaiki buraq ini.
Dalam perjalanan, Jibril menemani di sebelah kanan Beliau ﷺ, sedangkan Mikail di sebelah kiri. Menurut riwayat Ibnu Sa’ad, Jibril memegang sanggurdi pelana buraq, sedang Mikail memegang tali kendali. (Mereka terus melaju, mengarungi alam Allah SWT yang penuh keajaiban dan hikmah dengan Inayah dan RahmatNya). Di tengah perjalanan mereka berhenti di suatu tempat yang dipenuhi pohon kurma, lantas malaikat Jibril berkata: “Turunlah di sini dan salatlah”, setelah Beliau ﷺ salat, Jibril berkata: “Tahukah anda di mana Anda salat?”, “Tidak”, jawab Beliau ﷺ, Jibril berkata: “Anda telah salat di Thoybah (Nama lain dari Madinah) dan ke sana anda akan berhijrah”.
Kemudian buraq berangkat kembali melanjutkan perjalanan, secepat kilat dia melangkahkan kakinya sejauh pandangan matanya, tiba-tiba Jibril berseru: “berhentilah dan turunlah anda serta salatlah di tempat ini!”
Setelah salat dan kembali ke atas buraq, Jibril memberitahukan bahwa Beliau ﷺ salat di Madyan, di sisi pohon di mana dahulu Musa bernaung di bawahnya dan beristirahat saat dikejar-kejar tentara Firaun.
Dalam perjalanan selanjutnya Nabi Muhammad ﷺ turun di Thur Sina’, sebuah lembah di Syam, tempat di mana Nabi Musa berbicara dengan Allah SWT, Beliau ﷺ pun salat di tempat itu. Kemudian Beliau ﷺ sampai di suatu daerah yang tampak kepada Beliau ﷺ istana-istana Syam. Beliau ﷺ turun dan salat di sana. Kemudian Jibril memberitahukan kepada beliau ﷺ dengan berkata: “Anda telah salat di Bait Lahm (Betlehem, Baitul Maqdis), tempat dilahirkan Nabi Isa bin Maryam”.
Setelah melanjutkan perjalanan, tiba-tiba Beliau ﷺ melihat Ifrit dari bangsa Jin yang mengejar Beliau dengan semburan api, setiap Nabi ﷺ menoleh, Beliau ﷺ melihat Ifrit itu. Kemudian Jibril berkata: “Tidakkah aku ajarkan kepada anda beberapa kalimat, jika anda baca maka akan memadamkan apinya dan terbalik kepada wajahnya lalu dia binasa?” Kemudian Jibril AS memberitahukan doa tersebut kepada Rasulullah ﷺ .
Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan sampai akhirnya bertemu dengan suatu kaum
yang menanam benih pada hari itu dan langsung tumbuh besar dan dipanen hari itu juga, setiap kali dipanen kembali seperti awalnya dan begitu seterusnya, melihat keanehan ini Beliau ﷺ bertanya: “Wahai Jibril, siapakah mereka itu?”
Jibril menjawab:” mereka adalah para Mujahid fi sabilillah, orang yang mati syahid di jalan Allah, kebaikan mereka dilipatgandakan sampai 700 kali.
Kemudian beberapa saat kemudian Beliau mencium bau wangi semerbak, Beliau bertanya: “Wahai Jibril bau wangi apakah ini?” “Ini adalah wanginya Masyithah, wanita yang menyisir anak Firaun, dan anak-anaknya”, jawab Jibril AS. Masyitah adalah tukang sisir anak perempuan Firaun.
Kemudian di tengah perjalanan, Beliau juga bertemu dengan sekelompok kaum yang
menghantamkan batu besar ke kepala mereka sendiri sampai hancur, setiap kali hancur, kepala yang remuk itu kembali lagi seperti semula dan begitu seterusnya.
Jibril menjelaskan bahwa mereka adalah manusia yang merasa berat untuk
melaksanakan kewajiban salat.
Kemudian Beliau ﷺ juga bertemu sekelompok kaum, di hadapan mereka ada daging yang baik yang sudah masak, sementara di sisi lain ada daging yang mentah lagi busuk, tapi ternyata mereka lebih memilih untuk menyantap daging yang mentah lagi busuk, ketika Rasulullah menanyakan perihal ini, Jibril menjawab: “Mereka adalah manusia yang sudah mempunyai istri yang halal untuknya, tapi dia justru berzina (berselingkuh) dengan wanita yang jelek (hina) dan begitu pula mereka adalah para wanita yang mempunyai suami yang halal baginya tapi justru dia mengajak laki-laki lain untuk berzina dengannya”.
Ketika Beliau ﷺ melanjutkan perjalanan, tiba-tiba seseorang memanggil Beliau
dari arah kanan: “Wahai Muhammad, aku meminta kepadamu agar kamu melihat aku”, tapi Rasulullah ﷺ tidak memedulikannya.
Kemudian Jibril menjelaskan bahwa itu adalah panggilan Yahudi, seandainya Beliau ﷺ
menjawab panggilan itu maka umat beliau akan menjadi Yahudi. Begitu pula Beliau ﷺ mendapat seruan serupa dari sebelah kirinya, yang tidak lain adalah panggilan Nasrani namun Nabi ﷺ tidak menjawabnya .
Kemudian tiba-tiba muncul di hadapan Beliau ﷺ seorang wanita dengan segala perhiasan di tangannya dan seluruh tubuhnya, dia berkata: “Wahai Muhammad lihatlah kepadaku”, tapi Rasulullah tidak menoleh kepadanya, Jibril berkata: “Wahai Nabi ﷺ itu adalah dunia, seandainya anda menjawab panggilannya maka umatmu akan lebih memilih dunia daripada akhirat”.
Demikianlah perjalanan ditempuh oleh Beliau ﷺ dengan ditemani Jibril dan Mikail, begitu banyak keajaiban dan hikmah yang beliau ﷺ temui dalam perjalanan itu sampai akhirnya Beliau ﷺ berhenti di Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsho).
Beliau ﷺ turun dari Buraq lalu mengikatnya pada salah satu sisi pintu masjid, yakni tempat di mana biasanya Para Nabi mengikat Buraq di sana.
Kemudian Beliau ﷺ masuk ke dalam masjid bersama Jibril AS, masing-masing salat dua rakaat. Setelah itu sekejab mata tiba-tiba masjid sudah penuh dengan sekelompok manusia, ternyata mereka adalah para Nabi yang diutus oleh Allah SWT. Kemudian dikumandangkan adzan dan iqamah, lantas mereka berdiri bershaf-shaf menunggu siapakah yang akan mengimami mereka.
Kemudian Jibril AS memegang tangan Rasulullah ﷺ lalu menyuruh Beliau ﷺ untuk maju, kemudian mereka semua salat dua rakaat dengan Rasulullah sebagai imam. Beliaulah Imam (Pemimpin) para Anbiya’ dan Mursalin.
Setelah itu Rasulullah ﷺ merasa haus, lalu Jibril membawa dua wadah berisi khamar dan susu, Rasulullah memilih wadah berisi susu lantas meminumnya.
Jibril berkata: “Sungguh anda telah memilih kefitrahan yaitu al Islam, jika anda memilih khamar niscaya umat anda akan menyimpang dan sedikit yang mengikuti syariat anda”.
Kemudian setelah Beliau ﷺ menyempurnakan segalanya, maka tiba saatnya Beliau ﷺ melakukan mi’raj yakni naik bersama Jibril menembus langit satu persatu sampai akhirnya berjumpa dengan Khaliq-nya.
Setelah melakukan Isra’ dari Makkah al-Mukarramah sampai ke Masjid al-Aqsha, Baitul Maqdis, kemudian Beliau ﷺ disertai malaikat Jibril AS siap untuk melakukan Mi’raj yakni naik menembus berlapisnya langit ciptaan Allah yang Maha Perkasa.
Sampai akhirnya Beliau ﷺ berjumpa dengan Allah dan berbicara dengan Nya, yang intinya adalah beliau ﷺ dan umat ini mendapat perintah salat lima waktu.
Sungguh merupakan nikmat dan anugerah yang luar biasa bagi umat ini, di mana Allah SWT memanggil Nabi-Nya secara langsung untuk memberikan dan menentukan perintah ibadah yang sangat mulia ini. Cukup kiranya hal ini sebagai kemuliann ibadah salat. Sebab ibadah lainnya diperintah hanya dengan turunnya wahyu kepada beliau ﷺ, namun tidak dengan ibadah salat, Allah memanggil Hamba yang paling dicintainya yakni Nabi Muhammad ﷺ ke hadirat Nya untuk menerima perintah ini.
Baca Juga: Israk Mi’raj dan Sisi Metafisik Nabi Muhammad Saw
Ketika beliau dan Jibril sampai di depan pintu langit dunia (langit pertama), ternyata di sana berdiri malaikat yang bernama Ismail, malaikat ini tidak pernah naik ke langit atasnya dan tidak pernah pula turun ke bumi kecuali di saat meninggalnya Rasulullah ﷺ . Dia memimpin 70 ribu tentara dari malaikat, yang masing-masing malaikat ini membawahi 70 ribu malaikat pula.
Jibril meminta izin agar pintu langit pertama dibuka, maka malaikat yang menjaga bertanya:
“Siapakah ini?” Jibril menjawab: “Aku Jibril.”
Malaikat itu bertanya lagi: “Siapakah yang bersamamu?”
Jibril menjawab: “Muhammad ﷺ.”
Malaikat bertanya lagi: “Apakah beliau ﷺ telah diutus (diperintah)?”
Jibril menjawab: “Benar”.
Setelah mengetahui kedatangan Rasulullah malaikat yang bermukim di sana menyambut dan memuji beliau ﷺ dengan berkata: “Selamat datang, semoga keselamatan menyertai anda wahai saudara dan pemimpin, andalah sebaik-baik saudara dan pemimpin serta paling utamanya makhluk yang datang” .
Maka dibukalah pintu langit dunia ini”. Setelah memasukinya beliau bertemu Nabi Adam as dengan bentuk dan postur sebagaimana pertama kali Allah menciptakannya. Nabi ﷺ bersalam kepadanya, Nabi Adam menjawab salam beliau seraya berkata: “Selamat datang wahai anakku yang saleh dan nabi yang saleh”.
Di kedua sisi Nabi Adam terdapat dua kelompok, jika melihat ke arah kanannya, beliau tersenyum dan berseri-seri, tapi jika memandang kelompok di sebelah kirinya, beliau menangis dan bersedih.
Kemudian Jibril AS menjelaskan kepada Rasulullah, bahwa kelompok di sebelah kanan Nabi Adam adalah anak cucunya yang bakal menjadi penghuni surga sedang yang di kirinya adalah calon penghuni neraka.
Kemudian Rasulullah melanjutkan perjalanannya di langit pertama ini, tiba-tiba pandangan beliau ﷺ tertuju pada kelompok manusia yang dihidangkan daging panggang dan lezat di hadapannya, tapi mereka lebih memilih untuk menyantap bangkai di sekitarnya.
Ternyata mereka adalah manusia yang suka berzina, meninggalkan yang halal untuk mereka dan mendatangi yang haram.
Kemudian beliau ﷺ berjalan sejenak, dan tampak di hadapan beliau suatu kaum dengan perut membesar seperti rumah yang penuh dengan ular-ular, dan isi perut mereka ini dapat dilihat dari luar, sehingga mereka sendiri tidak mampu membawa perutnya yang besar itu. Mereka adalah manusia yang suka memakan riba. Di sana beliau ﷺ juga menemui suatu kaum, daging mereka dipotong-potong lalu dipaksa agar memakannya, lalu dikatakan kepada mereka: “makanlah daging ini sebagaimana kamu memakan daging saudaramu di dunia, yakni menggunjing atau berghibah”.
Kemudian beliau ﷺ naik ke langit kedua, seperti sebelumnya malaikat penjaga bertanya seperti pertanyaan di langit pertama. Akhirnya disambut kedatangan beliau ﷺ dan Jibril AS seperti sambutan sebelumnya.
Di langit ini beliau ﷺ berjumpa Nabi Isa bin Maryam dan Nabi Yahya bin Zakariya, keduanya hampir serupa baju dan gaya rambutnya. Masing-masing duduk bersama umatnya. Nabi ﷺ menyifati Nabi Isa bahwa dia berpostur sedang, putih kemerah-merahan warna kulitnya, rambutnya lepas terurai seakan-akan baru keluar dari hammam, karena kebersihan tubuhnya. Nabi ﷺ menyerupakannya dengan sahabat beliau ‘Urwah bin Mas’ud ats Tsaqafi. Nabi ﷺ bersalam kepada keduanya, dan dijawab salam beliau disertai sambutan: “Selamat datang wahai saudaraku yang saleh dan nabi yang saleh”.
Kemudian tiba saatnya beliau ﷺ melanjutkan ke langit ketiga, setelah disambut baik oleh para malaikat, beliau ﷺ berjumpa dengan Nabi Yusuf bin Ya’kub as.
Beliau ﷺ bersalam kepadanya dan dibalas dengan salam yang sama seperti salamnya Nabi Isa.
Nabi ﷺ berkomentar: “Sungguh dia telah diberikan separuh ketampanan”. Dalam riwayat lain, beliau ﷺ bersabda: “Dialah paling indahnya manusia yang diciptakan Allah, dia telah mengungguli ketampanan manusia lain ibarat cahaya bulan purnama mengalahkan cahaya seluruh bintang”.
Ketika tiba di langit keempat, beliau ﷺ berjumpa Nabi Idris AS. Kembali beliau mendapat jawaban salam dan doa yang sama seperti Nabi-nabi sebelumnya.
Di langit kelima, beliau ﷺ berjumpa Nabi Harun bin ‘Imran AS, separuh janggutnya hitam dan separuhnya lagi putih (karena uban), lebat dan panjang. Di sekitar Nabi Harun tampak umatnya sedang khusyu’ mendengarkan petuahnya.
Setelah sampai di langit keenam, beliau ﷺ berjumpa beberapa Nabi dengan umat mereka masing-masing, ada seorang Nabi dengan umat tidak lebih dari 10 orang, ada lagi dengan umat di atas itu, bahkan ada lagi seorang Nabi yang tidak ada pengikutnya.
Kemudian beliau ﷺ melewati sekelompok umat yang sangat banyak menutupi ufuk, ternyata mereka adalah Nabi Musa dan kaumnya. Kemudian beliau diperintah agar mengangkat kepala beliau ﷺ yang mulia, tiba-tiba beliau ﷺ tertegun dan kagum karena pandangan beliau ﷺ tertuju pada sekelompok umat yang sangat banyak, menutupi seluruh ufuk dari segala sisi, lalu ada suara: “Itulah umatmu, dan selain mereka terdapat 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab “.
Pada tahapan langit keenam inilah beliau ﷺ berjumpa dengan Nabi Musa AS, seorang Nabi dengan postur tubuh tinggi, putih kemerah-merahan kulit beliau. Nabi ﷺ bersalam kepadanya dan dijawab oleh beliau disertai dengan doa.
Setelah itu Nabi Musa as berkata: “Manusia mengaku bahwa aku adalah paling mulianya manusia di sisi Allah, padahal dia (Rasulullah ) lebih mulia di sisi Allah daripada aku”.
Setelah Rasulullah melewati Nabi Musa, Beliau menangis. Kemudian ditanya akan hal tersebut. Beliau ﷺ menjawab: “Aku menangis karena seorang pemuda yang diutus jauh setelah aku, tapi umatnya lebih banyak masuk surga daripada umatku”.
Kemudian Rasulullah ﷺ memasuki langit ketujuh, di sana beliau ﷺ berjumpa Nabi Ibrahim AS sedang duduk di atas kursi dari emas di sisi pintu surga sambil menyandarkan punggungnya pada Baitul Makmur, di sekitarnya berkumpul umatnya.
Setelah Rasulullah bersalam dan dijawab dengan salam dan doa serta sambutan yang baik,
Nabi Ibrahim berpesan: “Perintahkanlah umatmu untuk banyak menanam tanaman surga, sungguh tanah surga sangat baik dan sangat luas”.
Rasulullah bertanya: “Apakah tanaman surga itu?”
Nabi Ibrahim menjawab: “(Dzikir) Laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim“.
Dalam riwayat lain beliau ﷺ berkata: “Sampaikan salamku kepada umatmu, beritakanlah kepada mereka bahwa surga sungguh sangat indah tanahnya, tawar airnya dan tanaman surgawi adalah Subhanallah wal hamdu lillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar”.
Kemudian Rasulullah diangkat sampai ke Sidratul Muntaha, sebuah pohon amat besar sehingga seorang penunggang kuda yang cepat tidak akan mampu untuk mengelilingi bayangan di bawahnya sekalipun memakan waktu 70 tahun. Dari bawahnya memancar sungai air yang tidak berubah bau, rasa dan warnanya, sungai susu yang putih bersih serta sungai madu yang jernih. Penuh dengan hiasan permata zamrud dan sebagainya sehingga tidak seorang pun mampu melukiskan keindahannya.
Kemudian beliau ﷺ diangkat sampai akhirnya berada di hadapan telaga Al Kautsar, telaga khusus milik beliau.
Setelah itu beliau ﷺ memasuki surga dan melihat di sana berbagai macam kenikmatan yang belum pernah dipandang mata, didengar telinga dan terlintas dalam hati setiap insan. Begitu pula ditampakkan kepada beliau ﷺ neraka yang dijaga oleh malaikat Malik, malaikat yang tidak pernah tersenyum sedikitpun dan tampak kemurkaan di wajahnya.
Dalam satu riwayat, setelah beliau ﷺ melihat surga dan neraka, maka untuk kedua kalinya beliau ﷺ diangkat ke Sidratul Muntaha, lalu beliau ﷺ diliputi oleh awan dengan beraneka warna.
Pada saat inilah Jibril mundur dan membiarkan Rasulullah ﷺ berjalan seorang diri, karena Jibril tahu hanya beliaulah yang mampu untuk melakukan hal ini,
berjumpa dengan Allah SWT.
Setelah berada di tempat yang ditentukan oleh Allah, tempat yang tidak seorang makhlukpun diizinkan berdiri di sana, tempat yang tidak seorangpun makhluk mampu mencapainya, beliau ﷺ melihatNya dengan mata beliau ﷺ yang mulia.
Saat itu langsung beliau ﷺ bersujud di hadapan Allah SWT. Allah berfirman: “Wahai Muhammad.” “Labbaik wahai Rabbku”, sabda beliau ﷺ “Mintalah sesuka hatimu”, firman Nya.
Nabi ﷺ bersabda: “Ya Allah, Engkau telah menjadikan Ibrahim sebagai Khalil (kawan dekat), Engkau mengajak bicara Musa, Engkau berikan Dawud kerajaan dan kekuasaan yang besar, Engkau berikan Sulaiman kerajaan agung lalu ditundukkan kepadanya jin, manusia dan syaitan serta angin, Engkau ajarkan Isa at-Taurat dan Injil dan Engkau jadikan dia dapat mengobati orang yang buta dan belang serta menghidupkan orang mati”.
Kemudian Allah berfirman: “Sungguh Aku telah menjadikanmu sebagai kekasihKu”
Dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik: bahwa Rasulullah bersabda: “kemudian Allah mewajibkan kepadaku (dan umat) 50 salat sehari semalam, lalu aku turun kepada Musa (di langit ke enam), lalu dia bertanya: “Apa yang telah Allah wajibkan kepada umat anda?” Aku menjawab: “50 salat”, Musa berkata: “kembalilah kepada Rabbmu dan mintalah keringanan sebab umatmu tidak akan mampu untuk melakukannya”.
Maka aku kembali kepada Allah agar diringankan untuk umatku, lalu diringankan 5 salat
(jadi 45 salat), lalu aku turun kembali kepada Musa, tapi Musa berkata: “Sungguh umatmu tidak akan mampu melakukannya, maka mintalah sekali lagi keringanan kepada Allah”.
Maka aku kembali lagi kepada Allah, dan demikianlah terus aku kembali kepada Musa dan kepada Allah sampai akhirnya Allah berfirman: “Wahai Muhammad, itu adalah kewajiban 5 salat sehari semalam, setiap satu salat seperti dilipatgandakan menjadi 10, maka jadilah 50 salat”.
Maka aku beritahukan hal ini kepada Musa, namun tetap dia berkata: “Kembalilah kepada Rabbmu agar minta keringanan” Maka aku katakan kepadanya: “Aku telah berkali-kali kembali kepadaNya sampai aku malu kepadaNya”.
Setelah beliau ﷺ menerima perintah ini, maka beliau ﷺ turun sampai akhirnya menaiki Buraq kembali ke kota Makkah al Mukarramah, sedang saat itu masih belum tiba fajar.
Pagi harinya beliau ﷺ memberitahukan mukjizat yang agung ini kepada umatnya, maka sebagian besar di antara mereka mendustakan bahkan mengatakan Nabi telah gila dan tukang sihir, saat itu pertama umat yang membenarkan dan mempercayai beliau ﷺ adalah Sayyiduna Abu Bakar ra. Maka pantaslah beliau bergelar As Shiddiq, bahkan tidak sedikit di antara mereka yang tadinya beriman, kembali murtad keluar dari syariat.
Sungguh keimanan itu intinya adalah membenarkan dan percaya serta pasrah terhadap semua yang dibawa dan diberitakan Nabi Muhammad ﷺ, sebab beliau ﷺ tidak mungkin berbohong apalagi berkhianat dalam Risalah dan dakwah beliau. Beliaulah Nabi ﷺ yang mendapat gelar Al Amiin (dipercaya), Ash Shoodiq (selalu jujur) dan Al Mashduuq (yang dibenarkan segala ucapannya).
Semoga bermanfaat🙏🏿🌹
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد
Sumber: Al Anwaarul Bahiyyah dan Dzikrayaat wa Munaasabaat
Muhammad Insan Kamil. Ketiganya Karya Al Imam Al Muhaddits As Sayyid Muhammad bin Alawy al Maliky al Hasany RA
Leave a Review