Lansia Masih Wajib Puasa?

Lansia Masih Wajib Puasa
Ilustrasi/Dok. Ijot Goblin

Lansia Masih Wajib Puasa?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya, orang tua yang sudah renta apa masih wajib berpuasa?

Candra, di Sicincin


Waalaikumsalam

Salah satu prinsip humanis ajaran Islam adalah tidak mewajibkan berpuasa kepada orang tua yang sudah sangat renta dan orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh kembali. Keringanan ini didasarkan kepada firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Hajj: 78 yang berbunyi:

dan Allah tidak menjadikan kesulitan bagimu dalam beragama”.

Namun sebagai gantinya, yang bersangkutan harus membayarkan fidyah untuk tiap-tiap hari dari puasa yang ditinggalkan sebanyak 1 mud (3/4 liter/675 gram) beras.

Adapun dalil yang digunakan dalam persoalan ini, sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam karyanya al-Majmu’ Syarh al-Muhaddzzab, adalah sebuah hadis sahih riwayat Imam al Bukhari yang bersumber dari Ibnu Abbas, dimana beliau berkata,

barang siapa yang sudah tua renta, sehingga ia tidak sanggup lagi untuk berpuasa di bulan Ramadan, maka cukup baginya mengeluarkan 1 mud gandum per setiap hari yang ditinggalkan”.

Sementara itu, Saydina Anas pernah melakukannya setahun menjelang kematian beliau. WallahuA’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Lansia Masih Wajib Puasa?

Share :
Yunal Isra
Yunal Isra 30 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*