Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Panjang – Lampasi (Bagian 2)

Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Panjang – Lampasi (Bagian 1)

Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Panjang

Sebelumnya Baca Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Panjang – Lampasi (Bagian 1)

Muchtar termasuk lulusan terbaik di MTI Tabek Gadang. Beliau mendapat kehormatan dengan diantar langsung oleh gurunya dengan bendi dari Tabek Gadang ke Koto Panjang Lampasi. Dalam suatu acara dikukuhkan gelar Engku Lakung kepada beliau.

Atas kerjasama dan bantuan dari anggota wirid yang atau pengajian yang dibina oleh Muchtar Engku Lakung, maka pada tanggal 3 Maret 1935, didirikanlah Madrasah Tarbiyah Islamiyah Kotopanjang Lampasi yang tercatat sebagai madrasah PERTI dengan Nomor Induk 41.

Karya keulamaan Muchtar Engku Lakung semakin meningkat, sehingga murid-murid dan alim ulama lainnya memanggilnya dengan sebutan “Buya”, singkatan dari Abuya yang berarti Ayahku. Buya adalah suatu sebutan kehormatan bagi ulama di Minangkabau, sama dengan sebutan “Kiyai” di pulau Jawa. Seiring dengan usia dan ilmu yang semakin dalam, serta sesuai dengan tradisi thariqat Naqsyabandi, Buya Haji Muchtar Engku Lakung disebut Syekh Haji Muchtar Engku Lakung.

Di kalangan PERTI, beliau termasuk ulama terkemuka yang berwatak lembut, tapi kokoh dan tegas dalam pendirian.

Pada tahun 1959, Buya Syekh Haji Muchtar Engku Lakung diangkat menjadi Ketua Mahkamah Syar’iyah dan sekaligus diangkat pula sebagai Dosen Luar Biasa pada IAIN Imam Bonjol.

Sebagai ulama PERTI, Syeikh Haji Muchtar Engku Lakung menjadi salah seorang Ketua pada Majelis Ulama Sumatra Barat sampai akhir hayatnya. Beliau berpulang ke rahmatullah pada tanggal 19 Juni 1978 dalam usia 65 tahun, pada saat madrasah memerlukan kepemimpinan beliau.

Untunglah, beberapa tahun sebelumnya beliau telah Yayasan Tarbiyah Islamiyah untuk mengelola madrasah. Dalam struktur kepemimpinan di Yayasan dan Madrasah beliau menjabat Rois ‘Aam (Pemimpim Umum).

(Bersambung) Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Panjang – Lampasi (Bagian 3)

Soerya Nurulhuda
Buya Syekh Haji Muchtar Engkau Lakung dan Alumni MTI Koto Panjang-Lampasi