MAS MTI Bayur Raih Juara 1 KSMO Ekonomi Terintegrasi Tingkat Nasional

MAS MTI Bayur Raih Juara 1 KSMO Ekonomi Terintegrasi Tingkat Nasional

MTI Bayur Raih Juara MTI Bayur Raih Juara

Maninjau – Kali ini KSM (Kompetensi Sains Madrasah) Nasional 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, Covid-19 merubah suasana kompetensi menjadi daring (dalam jaringan). Pelaksanaan KSM Online Nasional 2020 ini, digelar pada tanggal 9-11 November lalu. Sedangkan penyerahan juara dilaksanakan 3 bulan sesudahnya tertanggal 1 Februari 2021 di Kanwil Kemenag Sumatera Barat. Rabu, (03/02/2021).

MAS MTI Bayur berhasil meraih juara 1 dalam lomba mata pelajaran Ekonomi Terintegrasi tingkat Nasional. Suatu kebanggaan dan apresiasi kepada Yolanda Zulfa. Ia sekarang menduduki kelas XII dengan Program Jurusan Keagamaan, meskipun bukan dari anak jurusan Program IPS. Namun, dantri MTI Bayur mampu mengalahkan ribuan peserta yang terdaftar. Ini berarti jurusan bukanlah sebagai penghalang menjadi orang yang mampu berkopetisi.

Baca Juga: MTI Bayur, Madrasah Tarbiyah Islamiyah tepi Danau Maninjau

Dalam sambutan Ketua Kementrian Agama (Kemenag) Sumatera Barat yang disampaikan oleh bapak Hendri, “beliau berterima kasih kepada anak-anak sebagai petarung handal yang telah mengharumkan nama Sumatera Barat. Nama madrasah dan nama orang tua serta nama keluarga malah nama diri sendiri, ananda semua telah tercatat dengan senang sebagai petarung, sebagai orang yang hebat, orang yang luar biasa mengalahkan ribuan teman temannya dari berbagai provinsi di Indonesia”. Ujarnya.

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa, “tentu di balik itu ada kepala madrasah yang luar biasa. Tanpa kepala madrasah tidak mungkin anak anak kita dapat juara. Terima kasih sumbangsih luar biasa bukan untuk madrasah tetapi juga mengharumkan Ranah Minang di tingkat nasional. Dan kami berharap di evan lain mampu memacu semangat dan prestasi untuk lembaga kita ini”, katanya.

Saat ditanya kepada Yolanda, apa saja kiat-kiat untuk mendapatkan dan bisa bersaing di tingkat nasional ini. Ia menjawab semuanya tidak lepas dari dukungan dari kedua orang tua dan juga bimbingan dari ustadz dan ustazah. Yolanda setiap harinya mengulang pelajaran dan juga berlatih berbagai soal soal yang diberikan. Dan satu lagi ia mau berlatih agar nantinya bisa lulus di PTKIN yang ia inginkan tanpa tes tentunya. Ujarnya.

Bapak Yulisman sebagai kepala sekolah dan juga guru ekonomi mengatakan “ini sebuah anugrah yang diberikan Allah SWT kepada MAS MTI Bayur karena kita berasal dari jurusan Program Keagamaan namun kita bisa bersaing di pentas nasional dan saya berharap semoga akan ada penerus Yolanda nantinya.

Pada apel pagi itu, Ustadz Zilwadi sebagai Alumni MTI Bayur juga sekaligus diamanahkan di Kemenag juga merasa bangga dengan prestasi ini.[]

Baca JUga: Peserta LKS-TI 2021 MTI Tarusan Belajar Menulis