Masih Bolehkah Makan Sahur saat Sirene Bunyi?

Masih Bolehkah Makan Sahur Saat Sirene Bunyi?
Ilustrasi/Dok.http://kumpulankartunkeren.blogspot.com/

Masih Bolehkah Makan Sahur Saat Sirene Bunyi?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya. Apakah Masih boleh makan dan minum pada saat sirene sudah berbunyi?

Rio, di Kota Sawahlunto

Waalaikumsalam

Puasa dimulai sejak masuknya waktu fajar/subuh. Sehingga dengan demikian, batas akhir sahur sejatinya adalah sesaat sebelum masuknya waktu fajar atau tepatnya sebelum azan dikumandangkan. Lantas bagaimana dengan sirene yang berlaku di negeri kita, apakah itu batas akhir sahur secara pasti?

Jawabannya adalah tidak. Sirene hanyalah sebatas media pemberitahuan bahwa waktu menahan sudah bisa dimulai sejak saat itu. Dalam arti kata, bagi seseorang yang belum selesai sahur, masih diperbolehkan untuk menyelesaikan makan dan minumnya dengan segera.

Namun akan lebih baik jika seseorang menghentikan segala aktivitas sahurnya ketika sirene atau waktu imsak sudah masuk sebagai bentuk ke hati-hatian semata. Halnya akan berbeda ketika muazin sudah mengumandangkan azan, maka tidak ada lagi kesempatan untuk makan dan minum.

Sehingga seseorang yang masih saja sahur pada saat itu, maka puasanya otomatis dihukumi batal karena yang bersangkutan makan dan minum setelah masuknya waktu berpuasa.[]

AllahuA’lam.

Ustadz Yunal Isra


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com


Masih Bolehkah Makan Sahur saat Sirene Bunyi?

Yunal Isra
Yunal Isra 33 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*