MTI Tarusan Kamang Melaksanakan Peresmian Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia

MTI Tarusan Kamang Melaksanakan Peresmian Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia
Peresmian Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia/ Dok. Penulis

MTI Tarusan Kamang MTI Tarusan Kamang

Rabu 24 Maret 2021, Pondok Pesantren MTI Tarusan melaksanakan acara peresmian Gedung Balai Latihan Kerja. Acara dihadiri oleh Pejabat Dinas Kementrian Tenaga Kerja Kabupaten Agam Ibu Kusma Betty, SH. Juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Agam Bapak Ir.Fairisman DT Piranggo, Kemenag Agam yang diwakili oleh Kepala KUA Kamang Magek Bapak Asrul S.Ag M.Ag. Pejabat Kantor Camat Kamang Magek, Walinagari Kamang Mudiak Bapak Edison Dt Ampanjang, Ketua Kerapatan Adat Nagari Kamang Mudiak, Pejabat Wali Jorong, Pengurus Yayasan Arifin Djamil Tuanku Solok dan juga dihadiri oleh tamu istimewa Guru Besar Universitas Negeri Padang (UNP) Bapak Dr. Khairani yang dalam hal ini beliau adalah sebagai Ketua Ikatan Keluarga Besar Kamang Mudiak Kota Padang sekaligus sebagai motivator kewirausahaan. Kemudian juga segenap masyarakat Jorong Halalang, Babukik, Bansa dan Padang Kunyik.

Acara dimulai dengan lantunan kalam Ilahi oleh santri kelas 3 Tsanawiyah Naysa Alya Putri dan saritilawah Aqis Al Muzakki.  Kemudian sambutan dari Pimpinan Pondok MTI Tarusan Ustadz Ahmad Syaukani M.Pdi. Dalam sambutannya, beliau mengawali dengan berkirim pahala surat al-fatihah yang dihadiahkan untuk Buya Arifin Djamil Tuanku Solok selaku pendiri MTI Tarusan dan juga teruntuk para guru-guru yang telah terdahulu. Beliau menyampaikan rasa syukur yang teramat mendalam atas terlaksananya pembangunan Gedung Balai Latihan Kerja ini, beliau mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Kemudian juga kepada Bapak Ade Riski Pratama sebagai Anggota DPR-RI yang menjembatani proposal bantuan gedung BLK ini. Beliau menuturkan bahwa BLK ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan potensi santri dalam menyertai kemajuan teknologi. Pada bagian kedua, pimpinan MTI Tarusan ini juga menyampaikan kondisi fisik dan fasilitas MTI Tarusan yang hari ini diperkirakan tidak mencukupi bagi santri baru yang akan masuk di tahun ajaran depan. Oleh kerenanya beliau menyampaikan aspirasi ini kepada bapak Bupati Agam, bapak Kemenag dan seluruh pejabat serta masyarakat untuk bahu membahu memberikan solusi untuk pengembangan kemajuan MTI Tarusan ini. Semoga MTI Tarusan mampu menjadi Pondok Pesantren yang kompetitif dalam mewujudkan Santri yang paham beragama dan mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Sambutan oleh Yayasan Arifin Djamil Tuanku Solok diwakili oleh Bapak Dr. (c) Syamsul Akmal S.Ag MM. selaku sekretaris Yayasan Arifin Djamil Tuanku Solok. MTI Tarusan didirikan oleh Buya H Arifin Djamil Tuanku Solok  yang memiliki konsep keilmuan agama yang terukur. Oleh karenanya, kita tidak boleh beranjak dari inti pendirian MTI ini. Akan tetapi dalam rangka menghadapi kemajuan zaman, maka diperlukanlah keterampilan dan keahlian bagi santri yang disebut dengan skill. Salah satunya adalah ditopang oleh kehadiran BLK ini. Keahlian dalam ilmu computer dan teknologi diharapkan dapat melengkapi terwujudnya santri yang pandai mengaji dan memiliki skill. Banyak sebenarnya yang akan kita lakukan dalam rangka pengembangan pondok. Dengan adanya skill , segala potensi dapat diwujudkan termasuk dalam memanfaatkan alam Tarusan Kamang yang bernilai wisata.

Baca Juga: MTI Tarusan Kamang Mengadakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Asrul S.Ag  M. Ag yang dalam hal ini beliau sebagai perwakilan bapak Ka Kan Kemenag Agam. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat atas diresmikannya gedung Balai Latihan Kerja MTI Tarusan. Kehadiran BLK ini diharapkan mampu menjadi pendorong para santri untuk mengembangkan keterampilan tidak hanya di bidang agama tetapi juga bidang teknologi. Beliau menuturkan bahwa sesuai dengan alqur’an surat Ali Imran ayat 191. Setidaknya ada tiga bentuk generasi yang ulul albab (intelektual muslim), yaitu generasi yang beriman teguh, generasi yang cerdas, dan generasi yang bermanfaat. Tidak ada yang tidak bermanfaat dari segala yang telah diciptakan Allah SWT. Oleh karena itu hadirnya BLK ini adalah sarana untuk pengembangan ilmu pengetahuan (skill) bagi para generasi muda. Di akhir penyampaiannya beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih dari Kementerian Agama Kabupaten Agam kepada Kementerian Ketenagakerjaan Repbulik Indonesia.

Sebelum diresmikan oleh pejabat kementrian tenaga kerja, acara diselingi dengan motivasi kewirausahaan oleh Bapak Dr. Khairani (Guru Besar Universitas Negeri padang), disamping itu beliau juga merupakan ketua Ikatan Keluarga Kamang Mudiak Kota Padang (perwakilan Perantau Kamang Mudiak). Beliau mengawali motivasinya dengan menyampaikan suatu hal yang ada dalam diri alm Buya H. Boy Lestari Dt Palindih. Buya Dt Palindih memiliki 4 ciri manusia yang berjiwa kewirusahaan  yaitu, kecerdasan intelektual, daya juang, spiritual dan kecerdasan emosional. Buya Boy Lestari Dt Palindih disenangi oleh banyak orang, tidak hanya di Sumatera Barat tetapi beliau juga dikenal dan disenangi oleh tokoh pejabat di tingkat nasional.

Selanjutnya beliau mengatakan ketika dihubungi oleh Pimpinan Pondok MTI Tarusan untuk memberikan bimbingan kewirausahaan bagi  santri MTI Tarusan, beliau langsung bersedia dan telah beberapa kali melakukan bimbingan kewirausahaan bersama santri MTI Tarusan. Alhasil, hari ini sudah berdiri dua kelompok wirausaha MTI Tarusan yaitu kelompok Jihadul Madani milik santri tingkat Aliyah, dan kelompok Jihadul Mandiri milik santri Tsanawiyah. Beliau mengapresiasi semangat para santri yang luar biasa.

Di hari peresmian ini santri MTI Tarusan yang memiliki kelompok wirausaha sudah memulai kegiatannya dalam bentuk berjualan aneka kuliner masakan Minangkabau seperti olahan ubi dalam bentuk kacimuh, paragede jaguang, gulo-gulo tareh, dan juga ada souvenir-souvenir seperti pin, rumah adat, dan lain-lain. Nah, hal ini diharapkan melatih anak-anak kita dalam berwirausaha sehingga terbiasa sejak dini menjadi orang yang mandiri, indak tali ijuak, indak kini isuak. Kemudian orang yang berwirausaha ini akan senantiasa terlatih untuk memasarkan produknya dengan cara menampakkan muka yang janiah, hati nan suci kemudian bersikap menyenangkan. Maka dari itu, dalam bentuk kegiatan wirausaha ini saya selaku ketua IKKM juga akan mengajak para perantau untuk ikut berpartisipasi dalam rangka mensukseskan kewirausahaan anak-anak kita yang ada di MTI Tarusan ini, saya akan promosikan ini ke pihak perantau.

Di akhir penyampaiannya Dr.Khairani menjelaskan itulah sebenarnya yang disebut dengan kewirausahaan, pelakunya memiliki kecerdasan intelektual, menyenangkan, selalu menghargai, mau menolong, dan ramah dalam mengucapkan salam, kemudian memiliki daya juang yaitu  selalu mencoba, mencoba dan mencoba. Harapan saya 10 tahun ke depan santri MTI Tarusan sudah sukses di dalam berwirausaha, makanya hari ini kelompok mereka itu bernama Jihadul Madani artinya Sukses Sejahtera dunia dan akhirat dan Jihadul Mandiri artinya perjuangan menjadi orang yang mandiri.

Baca Juga: Pembukaan LKS-TI 2021 di MTI Tarusan Kamang

Sambutan terakhir sekaligus peresmian BLK disampaikan oleh Ibu Kusma Betty, SH. dalam penyampaiannya beliau menyatakan kebanggaan atas kehadiran banyak elemen masyarakat dan juga para tokoh dan cendekiawan menyambut hadirnya BLK di pesantren ini hari ini. Keberadaan manusia di dalam dunia pekerjaan sudah banyak yang digantikan oleh mesin, maka salah satu pengganti untuk melahirkan manusia yang bisa bersaing dalam dunia kerja dan dalam dunia usaha hari ini adalah dengan mengembangkan skill dan kreativitasnya. Kemudian beliau juga menuturkan bahwa akan menyampaikan pesan dari pimpinan Pondok MTI Tarusan kepada Bupati Agam dan pejabat dinas terkait aspirasi untuk membangun pondok pesantren ini dapat terwujud. BLK ini sudah ada semenjak tahun lalu, yaitu di Kecamatan Baso dan untuk kali ini ada di Gobah dan MTI Tarusan. Maka dari itu, kita harapkan hal ini sebagai persiapan untuk memasuki era globalisasi. Mengingat tingkat pengangguran di Kabupaten Agam yang begitu tinggi, disebabkan oleh daya saing yang begitu signifikan meningkat sehingga perlu adanya peningkatan skill dan kreativitas dari para tenaga kerja.

Kementerian tenaga kerja hari ini juga telah membuka peluang untuk merekrut tenaga kerja seperti di Batam, Jepang, dan Malaysia. Para tenaga kerja ini akan dijamin haknya dan dilindungi oleh Kementerian tenaga kerja di akhir sesi. Pejabat dinas Kementerian tenaga kerja ini secara resmi meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia di Tarusan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kemudian acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ibu Kusma Betty dan disaksikan oleh para pejabat, para santri, serta tokoh masyarakat yang hadir.

Tarusan, Rabu 24 Maret 2021

Mhd Al Afgani
About Mhd Al Afgani 5 Articles
Pengajar dan Alumni MTI Tarusan Kamang Tamatan 2014

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*