Pembukaan LKS-TI 2021 di MTI Tarusan Kamang

Pembukaan LKS-TI 2021 di MTI Tarusan Kamang
Foto Dok. Penulis

MTI Tarusan – Sebanyak 43 santri dari kelas IV dan V Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Tarusan Kamang, Kab. Agam mengikuti pembukaan kegiatan Latihan Kepemimpinan Santri Tarbiyah Islamiyah (LKS-TI) 2021 di Aula MTI Tarusan, Kamis (28/02).

LKS-TI 2021 ini diangkatkan oleh Alumni MTI Tarusan yang tergabung di Ikatan Mahasiswa Arifin Djamil (IMADJ) dengan tema “Aktualisasi Nilai-nilai Kitab Kuning Upaya Mewujudkan Anak Siak yang Siap Menghadapi Perkembangan Zaman”, yang akan berlangsung selama empat hari, Kamis sampai Minggu (28-31/01).

Acara dibuka oleh Pimpinan MTI Tarusan, Ustadz Ahmad Syaukani, M.Pd. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi IMADJ yang sudah menggelar kegiatan ini kepada adik-adik santri. “Acara ini sangat penting sebagai sarana silaturrahmi dan menjalin ikatan batin antara alumni dan guru-guru serta adik-adik”, ungkap beliau.

Ustadz Ahmad berharap, dengan adanya kegiatan LKS-TI ini, kedepannya bisa diikuti oleh seluruh peserta dengan khidmad dan serius. Dan untuk kedepannya supaya ada kelanjutan yang dilakukan oleh IMADJ pasca dari kegiatan ini untuk mengevaluasi dan meninjau ulang kemanfaatannya terhadap santri.

“Harapannya kegiatan ini berkelanjutan setiap tahunnya, serta pasca kegiatan ini peserta tidak dibiarkan begitu saja, ada evaluasi setelah ini” ujarnya.

Baca Juga: IMTI Kota Padang Selenggarakan Hari Latihan Kader Tarbiyah (HALAKAH)

Selain itu, Julima Hendra sebagai Ketua Panitia Acara dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar para Anak Siak MTI Tarusan bisa paham dengn Identitas Tarbiyah Islamiyah, yaitu di antaranya paham dengan Nilai-nilai Kitab kuning. “Dengan adanya acara ini, bagaimana kita bisa paham apa itu Tarbiyah” Ucapnya.

Dalam sepatahkatanya, Ketua Umum IMADJ, Abdul Aziz menyampaikan, bahwa IMADJ sebagai organisasi kemahasiswaan untuk menjadi wadah bagi Alumni MTI Tarusan yang melanjutkan pendidikan ke dunia kampus. Dan kegiatan LKS-TI sebagai bentuk langkah kontribusi Alumni kepada adik-adik.

Sementara itu, proses latihan kepemimpinan ini dikelola oleh Alumni dari berbagai Pondok Pesanren di Sumatera Barat, diantaranya dari MTI Bayua, MTI YATI, PPTI Malalo, MTI Candung, dan MTI Pasia. Yang bertindak sebagai Master of Training yaitu Rahmat Hidayat Hasan Alumni Pondok Pesantren Ashabul Yamin, Lasi Agam.

Rahamat berharap semoga acara ini lancar dari awal hingga akhir dan peserta mengikutinya dengan serius.

Baca Juga: HALAKAH 2019 IMTI Kota Padang Selesai