Penderita Maag Kronis Bolehkah Tidak Berpuasa?

Penderita Maag Kronis Bolehkah Tidak Berpuasa
Ilustrsi/Dok. halodoc.com

Penderita Maag Kronis Bolehkah Tidak Berpuasa?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya, apakah penderita penyakit maag kronis boleh tidak berpuasa?

Niko, di Padang


Waalaikumsalam

Seperti dijelaskan pada pertanyaan sebelumnya bahwa orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh atau orang sakit yang seandainya diapaksakan untuk berpuasa akan memperparah penyakitnya, diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Tentu saja sakit yang dimaksud di sini adalah sakit yang sudah sangat parah berdasarkan rekomendasi dokter yang benar-benar ahli di bidangnya. Adapun sakit yang tidak terlalu parah, maka tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk tidak berpuasa.

Namun dalam hal pengganti kewajiban puasa untuk keduanya, mempunyai rincian yang berbeda:

Pertama, bagi orang sakit yang tidak ada harapan sembuh berkewajiban membayar fidyah sebanyak 1 mud (3/4 liter/675 gram) beras untuk tiap-tiap hari yang ditinggalkannya, tidak wajib qadha menurut pendapat yang paling kuat.

Kedua, bagi orang sakit yang masih ada harapan sembuh seperti sakit biasa yang berbatas waktu, maka kewajibannya adalah mengqadhanya pada saat sakitnya sudah sembuh, tidak wajib membayar fidyah. AllahuA’lam.

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Share :
Yunal Isra
Yunal Isra 30 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*