Peringatan Hari Santri di Tobekgodang dan Ziarah ke Makam Syekh Abdul Wahid al-Shalihi

Peringatan Hari Santri di Tobekgodang dan Ziarah ke Makam Syekh Abdul Wahid al-Shalihi
Foto Dok. Penulis

Makam Syekh Abdul Wahid

Siang ini, peringatan Hari Santri di MTI Tobekgodang, salah satu pesantren legendaris di Pedalaman Minangkabau (dirintis pada tahun 1906), diantaranya dengan melakukan ziarah ke makam pendiri pesantren, yaitu Maulana Syekh Abdul Wahid al-Shalihi al-Khalidi al-Naqsyabandi “Baliau Tobekgodang” (w. 1950), ulama besar Minangkabau, muassis PERTI.

Ziarah ini dihadiri oleh perwakilan Kanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag Limapuluh Kota, Yayasan Syekh Abdul Wahid, para Abuya, Asatidz MTI Tobek Godang, dan salah seorang pimpinan Darul Funun el-Abbasiyah Padang Jopang.

Selain membaca Tahlil, juga dipati dengan do’a yang dibacakan oleh Abuya Fakhrurrazi (Buya Karun), guru sepuh di MTI Tobekgodang; dengan do’a yang mengharukan, menitikkan air mata.

Abuya Fakhrurrazi ialah murid dari alm. Abuya Hasan Padangkandih (w. 1984). Abuya Hasan seorang ahli Ushuluddin masyhur, merupakan murid langsung Maulana Syekh Tobekgodang.

Tobekgodang, 21 Oktober 2020

Apria Putra
Apria Putra 94 Articles
Alumni Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Pengampu Studi Naskah Pendidikan/Filologi Islam, IAIN Bukittinggi dan Pengajar pada beberapa pesantren di Lima Puluh Kota

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*