Ponpes Darul Makmur, Pesantren Muda

Ponpes Darul Makmur di Sungai Cubadak, Kabupaten Agam.

Pondok pesantren Darul Makmur adalah lembaga pendidikan Islam yang terletak di Jorong Sungai Cubadak, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Sebelum pondok pesantren Darul Makmur berdiri, kegiatan pendidikan Islam di Jorong Sungai Cubadak adalah Madrasah Diniyah Awliyah (MDA) dan Taman bacaan al-Quran.

Baca Juga: Syekh Ahmad Taher dan M-MUS yang Didirikannya Bagian II

Melihat kondisi masyarakat yang sangat berminat menyerahkan anak-anak mereka ke lembaga pendidikan Islam dan menyadari kondisi masyarakat yang banyak dipengaruhi budaya luar karena perkembangan teknologi informasi, maka pengurus Masjid Makmur Sungai Cubadak berinisiatif mendirikan lembaga pendidikan Islam kelanjutan dari MDA. Inisiatif ini lalu disampaikan pada kerapatan Jorong yang dihadiri Niniak Mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan bundo kanduang pada 2 Juli 2009. Ide mendirikan lembaga pendidikan kelanjutan dari MDA diterima baik oleh peserta rapat yang hadir. Mereka sepakat mendirikan madrasah di tanah wakaf samping masjid. Mereka juga langsung membentuk panitia pembangunan.

Pada 21 November 2009 dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Madrasah oleh Bupati Agam, Aristo Munandar. Sejak itu masyarakat bersama panitia pembangunan bahu-membahu membangun madrasah, melalui kegiatan gotong-royong setiap minggu dan menghimpun dana.

Baca Juga: Ashabul Yamin dan Pentingnya Pendidikan Islam di Lasi

Pembangunan telah mencapai 80 persen. Pada 24 Januari 2012 pengurus masjid dan panitia pembangunan mengadakan rapat bersama Niniak Mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang untuk menyambut tahun ajaran 2012/2013. Rapat tersebut bertujuan untuk persiapan penerimaan murid baru. Rapat tersebut menghasilkan keputusan sebagai berikut:

  1. Pendidikan yang semula yang direncanakan untuk Madrasah Tsanawiah dijadikan berbentuk Pondok Pesantren. Sekolah ini bernama Pondok Pesantren Darul Makmur. Dengan alasan mendirikan pondok pesantren akan bermanfaat untuk anak-anak. Mereka bisa belajar kitab kuning. Dan belum adanya pondok pesantren di kecamatan Baso.
  2. Membentuk kepengurusan dan yayasan untuk mengelola pondok pesantren.

Baca Juga: PPTI Malalo Tarbiyah Islamiyah tepi Danau Singkarak

Pendiri Ponpes Darul Makmur

Ide dan inisiatif pembangunan Pondok Pesantren Makmur berasal dari Pengurus masjid Makmur Sungai Cubadak., Ketua, Sekretaris dan bendahara Pengurus Masjid Makmur Sungai Cubadak disepakati sebagai pendirinya. Mereka adalah,

  1. Irfan Said, gelar Tuangku Mudo, lahir di Sungai Cubadak, 07 September 1952. Ia adalah imam dan Ketua Masjid Makmur Sungai Cubadak. Ia menamatkan pendidikan formalnya di IAIN Imam Bonjol, Padang.
  2. Nurnis, gelar Tuangku Rajo Pangulu, lahir di Sungai Cubadak, 10 Agustus 1968. Ia adalah khatib dan sekretaris Masjid Makmur Sungai Cubadak. Tuangku Rajo Panghulu menamatkan pendidikannya di MTI Tengku Tuah, Simp. Batu Ampar.
  3. Marwan, gelar Tuangku Lubuak, lahir di Sungai Cubadak, 28 Oktober 1952. Ia adalah Angku Kali dan bendahara masjid Makmur Sungai Cubadak. Marwan menamatkan pendidikannya di MTI Tengku Tuah Simp. Batu Ampar.

VISI

Terwujudnya insan kamil yang berwawasan islami, Hafiz al-Quran, menguasai kitab gundul dan teknologi informatika melalui pendidikan Islam berbentuk pesantren.

Baca Juga: Syekh Ahmad Taher dan M-MUS yang Didirikannya Bagian I

MISI

  1. Membina pribadi muslim yang berwawasan ABS-SBK
  2. Memahami potensi Hafiz al-Quran dan pemahaman al-Quran
  3. Menggali potensi dasar penguasaan ilmu alat bahasa Arab
  4. Menggali potensi pengayaan di bidang teknologi informatika

Tenaga Pendidik dan Santri

NO Pendidikan Terakhir Pendidik
1 SD- SMP- SMA Sederajat 5
2 D1-D3 3
3 S1 19
4 S2 3
5 S3
Total 30

Jumlah santri berdasarkan daerah asalnya:

NO Tahun Ajaran Kab. Agam Prov. Sumbar (Selain Kab. Agam) Luar Prov. Sumbar
1 2010- 2011
2 2011- 2012
3 2012- 2013 15 1 2
4 2013- 2014 25 3 7
5 2014- 2015 50 5 11

Saat ini pembangunan dan pengembangan pondok pesantren terus berjalan. Sampai sekarang Ponpes Darul Makmur Sungai Cubadak telah memiliki lima ruang belajar dan sebuah kantor dengan Luas Tanah/ Bangunan 770/ 240 m2.[]

Yayasan dan pihak Pesantren dapat dihubungi di nomor: 082391515644.

Share :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*