Syekh Sulaiman Arrasuli al-Khalidi Canduang: “Pendekar” Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah

Syekh Sulaiman Arrasuli al-Khalidi Canduang “Pendekar” Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah
Ilustrasi/Dok.Apria Putra

Jalan kebahagiaan itu banyak, sebanyak bilangan bebatuan di alam. Pagi ini saya mendapati satu di antara jalan kebahagiaan itu. Bagaimana tidak? Seorang sahabat karib yang mukhlis (ikhlas) menghadiahi saya kitab nadir (langka) yang sangat lama saya idamkan, yaitu Risalah Aqwal al-Washitah fi al-Dzikri wa al-Rabithah karya Maulana Syekh Sulaiman Arrasuli al-Khalidi (al-Naqsyabandi) Canduang atau yang dimasyhurkan dengan Inyiak Canduang, ulama terkemuka di Minangkabau. Tidak tanggung-tanggung, kawan karib yang mukhlis tersebut menghadiahi saya kitab aslinya, cetakan Mathba’ah al-Islamiyah Fort de Kock (Bukittinggi) tahun 1925 M (berusia sekitar 95 tahun). Fisik kitab masih sangat baik, sebab dirawat dengan sangat apik. Kitab ini telah lama dalam simpanan beliau, dan ketika kami berjumpa, ibarat santan dan tengguli, kami saling mengisi akal dan spritual, di akhir pertemuan beliau mengamanahi saya kitab ini. Syukur tiada terkira.

*******

Kitab ini, [al]-Aqwal al-Wasitah, merupakan salah satu kepustakaan penting dalam dinamika intelektual ulama Minangkabau di awal abad 20. Sudah maklum, bahwa pada masa itu terjadi perdebatan di kalangan ulama, yang disebut dengan istilah Kaum Tua dan Kaum Muda. Salah satu bagian yang menjadi topik perdebatan ialah masalah Rabithah dalam amalan Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, thariqat mu’tabar yang menjadi pakaian ulama-ulama tua dan kaum Muslimin Minangkabau, terutama di Darek.

Risalah Aqwal al-Washitah fi al-Dzikri wa al-Rabithah karya Maulana Syekh Sulaiman Arrasuli al-Khalidi
Dokumen Penulis

Baca Juga: Syekh Sulaiman Arrasuli al-Khalidi Ulama Besar Minangkabau

Perdebatan itu bermula dari kritik yang dikemukakan oleh ulama-ulama dari Kaum Muda, yaitu sederetan ulama, sesuai namanya, berusia muda, yang dipengaruhi oleh paham modernis Mesir (Abduh dan Rasyid Ridha) dan kitab-kitab Ibnu Taymiyah dan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Dengan dalih memperbaiki agama yang mereka anggap telah bercampur dengan bid’ah dan khurafat, mereka mengkritik keras amal Rabithah. Di antara mereka mengirimkan surat kepada Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi di Makkah, bertanya tentang fasal Rabithah.

Sebagai ulama, yang awalnya menonjol dalam fikih, Syekh Ahmad Khatib Minangkabau menjawab dengan pengetahuan beliau tersebut. Lewat risalah yang cukup tebal, Syekh Ahmad Khatib Minangkabau, menjelaskan beberapa amal dalam thariqat tersebut ialah bid’ah belaka, termasuk perkara Rabithah. Risalah itu berjudul Izhar Zaghlil Kadzibin. Risalah tersebut sampai di Minangkabau, dan membuat ulama-ulama muda menjadi “gembira”. Mereka kemudian mencetak risalah tersebut di Padang dan menyebarkannya secara luas. Risalah itu tentu saja membuat keadaan semakin tidak kondusif, apalagi ketika risalah itu dibaca oleh orang awam. Terjadilah bantah dan debat.

Bagaimana dengan ulama-ulama Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, bagaimana respons mereka? Tentu tidak tinggal diam. Bermunculan tanggapan terhadap Risalah Syekh Ahmad Khatib tersebut, mulai dari muzakarah di depan khalayak ramai, hingga yang secara khusus menulis risalah untuk membantah dan mempertahankan amal Rabitah itu.

Setidaknya ada empat “pendekar” yang memberikan tanggapan terhadap risalah Syekh Ahmad Khatib, hingga mempertahankan amal Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Mereka adalah:
(1) Syekh Muhammad Sa’ad al-Khalidi Mungka (Payakumbuh, Lima Puluh Kota)
(2) Syekh Muhammad Dalil “Syekh Bayang” (Bayang, Pesisir)
(3) Syekh Khatib Muhammad Ali al-Minangkabawi (Solok Selatan)
(4) Syekh Sulaiman Arrasuli Canduang (Bukittinggi, Agam)

Mereka merupakan ulama-ulama masyhur yang memberikan penjelasan tentang kedudukan amal Thariqat Naqsyabandiyah. Di antara ulama tersebut, Syekh Muhammad Sa’ad al-Khalidi, merupakan yang paling berpengaruh. Selain sebagai pimpinan Ittihad Ulama Sumatera (Persatuan Ulama Sumatera), beliau juga diakui alim sebab menguasai berbagai fak keilmuan secara mendalam, seperti Fikih, Ushul Fikih, Mantiq, dan Tasawuf. Beliau juga tokoh Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah yang dituakan. Beliau, dengan Syekh Ahmad Khatib, saling berbalas kitab. Hingga lahirlah 4 buah kitab, saling jawab berjawab antara mereka. Ini berakhir dengan pertemuan mereka di Makkah dalam sebuah jamuan makan; mereka lantas menutup debat tertulis dengan saling menyapa dan bertutur ibarat kawan yang lama tidak berjumpa. Meskipun ada indikasi bahwa Syekh Ahmad Khatib menulis bantahan terakhir terhadap Syekh Sa’ad, namun Risalah terakhir beliau ini disinyalir tidak pernah sampai ke Minangkabau.

Baca Juga: Kitab Izhar Zaghlil Kadzibin Karya Syekh Shmad Khatib al-Minangkabawi Pengkritik Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Pertama di Nusatara

Tokoh keempat, dari sederatan pendekar Naqsyabandi ini, ialah Syekh Sulaiman Arrasuli (1871-1970). Berbeda dengan Syekh Sa’ad yang sezaman dengan Syekh Ahmad Khatib, Syekh Sulaiman Arrasuli terbilang murid langsung dari Syekh Ahmad Khatib sendiri.

Kisah Syekh Sulaiman Arrasuli ini agak menarik. Riwayatnya, Syekh Sulaiman Arrasuli yang telah dipanggil malin (‘alim, sebab telah menguasai Mahalli dan Jam’ul Jawami’) berangkat ke Makkah untuk belajar agama. Di Makkah beliau belajar agama dengan beberapa ulama, di antaranya Syekh Ahmad Khatib Minangkabau. Dengan beliau, syekh kita ini belajar berbagai ilmu, terutama fikih. Bukan hanya itu, Syekh Ahmad Khatib juga “menghembuskan” paham kritik thariqat itu kepada Syekh Sulaiman. Sekitar tiga tahun di Makkah, Syekh Sulaiman Arrasuli pulang ke kampung halamannya. Beliau kemudian memimpin halaqah pengkajian agama di surau ayahnya, dan juga aktif dalam dakwah. Di antara dakwah beliau ialah mengkritik amal Thariqat Naqsyabandiyah, termasuk Rabithah, sesuai dengan paham Syekh Ahmad Khatib Minangkabawi ini. Khabar mengenai sikap anti-thariqat ini sampai kepada gurunya di Batuhampar, yaitu Syekh Muhammad Arsyad (ahli Qira’at Tujuh ternama, sekaligus ulama Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah terkemuka). Syekh Sulaiman Arrasuli lantas dipanggil oleh Syekh Arsyad. Di Surau Gadang, Batuhampar – Payakumbuh, segala paham anti Syekh kita ini “dibasuh” oleh gurunya, dan akhirnya taubat. Syekh Sulaiman Arrasuli kemudian mengambil talqin Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah dari Syekh Arsyad, yang bersuluk di Batuhampar, mengamalkan zikir-zikir derajat dalam Thariqat Naqsyabandiyah. Kabarnya sampai 60 hari, siang malam, lamanya. Setelah suluk, berdasarkan hasil tilik Syekh Arsyad, beliau lantas diberi ijazah irsyad dalam Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah dan berhak mengajarkannya. Sejak itulah “Angku Mudo Sulaiman Arrasuli” dimasyhurkan dengan gelar “Syekh Sulaiman Arrasuli’. Kisah ini disampaikan oleh Abuya Syekh H. Sya’rani Khalil Dt. Majo Reno (masih sehat wal afiyat sampai saat ini dalam usia lebih dari 95 tahun), beliau mendapatkan kisah dari alm. Syekh Dhamrah Arsyadi Batuhampar (anak Syekh Arsyad Batuhampar, sekaligus murid Syekh Canduang).

Sejak itulah, Syekh Sulaiman Arrasuli gigih mempertahankan thariqat Naqsyabandiyah lewat lisan maupun tulisan. Secara lisan, beliau berulang kali muzakarah dengan ulama-ulama muda, seperti Syekh Thahir Jalaluddin Falaki dan Haji Rasul. Bahkan pernah terjadi Muzakarah besar di Masjid Bonjo Alam, di hadiri masyarakat ramai. Tidak main-main, Syekh Sulaiman Arrasuli, seorang diri, berhadapan dengan beberapa ulama kaum muda sekaligus, termasuk yang dipandang alim yaitu Syekh Thahir Jalaluddin al-Falaki (ahli Falak terkemuka yang mukim di Pulau Pinang, Malaya).

Beberapa Albun Foto Syekh Sulaman Arrasuli al-Khalidi/Inyiak Canduang

Lewat tulisan, Syekh Sulaiman Arrasuli, menulis beberapa kitab khusus membahas Thariqat Naqsyabandiyah, di antaranya “Risalah Dawa’ul Qulub” dan kitab ini, “[al]-Aqwal al-Wasithah”. Kitab ini tersebar luas (di masa itu, namun kemudian menjadi teks nadir), dan menjadi “penenang” bagi masyarakat awam untuk tetap istiqamah di atas jalan Naqsyabandi.

Bagaimana dengan Syekh Ahmad Khatib Minangkabau?

Beberapa sumber memberikan informasi bahwa beliau rujuk dalam masalah thariqat. Ini diungkapkan dua orang murid beliau, yaitu (1) Syekh Arifin Batuhampar, dan (2) Syekh Muhammad Sa’id al-Khalidi Bonjol. Bukti lain bahwa beliau kemudian banyak menulis kitab-kitab mengenai tasawuf dan thariqat, seperti terakhir ditemukan kitab “Maslakul Raghibin” yang memuat thariqat yang diamalkan dan diajarkan oleh Syekh Ahmad Khatib Minangkabau. Di antara ulama-ulama yang menerima thariqat dari Syekh Ahmad Khatib Minangkabau ialah Syekh Harun Toboh Pariaman, Syekh M. Zain Tasak (Sumatera Utara), dan Syekh Muhammad Sa’id al-Khalidi Bonjol. Syekh Harun Toboh memberikan informasi penting, bahwa thariqat yang diamalkan dan diajarkan Syekh Ahmad Khatib Minangkabau ialah Thariqat Khalwatiyah. Perlu kita ketahui bahwa thariqat-thariqat mu’tabar tersebut menjadikan amal tawasul dan rabithah sebagai unsur penting dalamnya.

Mungka, 19 April 2020/ 25 Sya’ban 1441 H


Redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima sumbangan tulisan berupa esai, puisi dan cerpen. Naskah diketik rapi, mencantumkan biodata diri, dan dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Apria Putra
Apria Putra 85 Articles
Alumni Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Pengampu Studi Naskah Pendidikan/Filologi Islam, IAIN Bukittinggi dan Pengajar pada beberapa pesantren di Lima Puluh Kota

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*