Tarawih di Rumah atau Masjid?

Tarawih di Rumah atau Masjid
Ilustrasi/Dok. www.shutterstock.com

Tarawih di Rumah atau Masjid?

Assalamualaikum,

Ustaz, izinkan saya bertanya. Sebetulnya mana yang lebih baik, Salat Tarawih di rumah atau di masjid?

Rozy, di Kota Solok


Waalaikumsalam

Secara umum salat-salat sunah dianjurkan untuk dilakukan di rumah, kecuali beberapa salat sunah seperti Salat Ied, Gerhana, Istisqa, dan juga Salat Tarawih, maka dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Dalilnya adalah sebuah hadis sahih riwayat Imam al-Bukhari yang bersumber dari Saydina Umar ibn al-Khattab dimana pada suatu malam beliau pernah melihat para sahabat Salat Tarawih berpencar-pencar diberbagai sudut masjid. Sebagiannya ada yang salat sendirian dan sebagian yang lain berjamaah dengan jumlah yang bervariasi.

Lalu beliau berinisiatif untuk menyatukan mereka semua di belakang seorang imam, yaitu Saydina Ubay ibn Ka’ab. Pada malam selanjutnya, para sahabat sepakat untuk melakukannya secara berjamaah dan Umarpun berseloroh,

Inilah bid’ah (hal baru) yang paling bagus”.

Selain itu, melakukannya secara berjamaah bersama keluarga di masjid akan menjadi siar tertentu untuk agama Islam, sekaligus melatih mereka agar membiasakan salat secara berjamaah di masjid.

Allahu A’lam

Yunal Isra

*Pertanyaan dan jawaban ini pernah diterbikan di Haluan dua tahun lalu


Untuk Ramadan kali ini tim redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima pertanyaan-pertanyaan pembaca seputar Ramadan. Pertanyaannya singkat, padat dan jelas serta dilengkapi identitas diri dan kontak person. Nantinya pertanyaan itu akan dijawab oleh ustad yang ahli di bidangnya. Pertanyaan dapat dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com

Share :
Yunal Isra
Yunal Isra 30 Articles
Alumni MTI Canduang, Pengajar di Darus-Sunnah, dan Peneliti di El-Bukhari Institute

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*