Tarbiyahislamiyah.id

Tarbiyah Islamiyah[dot]id sebuah protal media online. media ini beralamat di tarbiyahislamiyah.id. Sebuah media pertalian adat dan syarak berita dan artikel online. Media ini juga bergerak dalam sosial politik keagamaan. Website ini bertujuan membangun tradisi tulis menulis di kalangan intelektual masyarakat Tarbiyah Islamiyah (PERTI). Tentunya dengan memperhatikan konsep, dalil dan landasan teoritik. Tujuannya adalah agar tercipta diskursif keislaman, sosial, sains keagamaan yang bertanggung jawab yang berimbang. Dan dapat pula menjangkau masyarakat luas.

Karena Islam menganjurkan berlajar yang tiada henti maka media ini diniatkan untuk media pemebeljaran. Tidak hanya itu media ini jadi ajang dakwah terkhususnya lagi masyarakat di manapun berada. Dengan kata lain media ini adalah wadah pembelajaran dan dahwah alternatif bagi umat. Mengingat banyaknya media online yang berkembangan dengan visi misi tertentu, tarbiyah islamiyah [dot] id jadi alternatif.

Karangka Tujuan Tarbiyah Islamiyah

Melihat sejarahnya, tarbiyah islamiyah melalui surau dan pesantrennya sudah eksplorasi keilmuan Islam. Keilmuaan itu merujuk pada kitab-kitab klasik. Meskin hari ini berbegai metode dan bahan ajar yang banyak dan beragama tarbiyah islamiyah tetap mempertahankan kitab-kitab klasik itu. Di samping itu tarbiyah islamiyah menggunakan refrensi yang baru juga.

Langkah lebih lanjut adalah melakukan analisa normatif-sosiologis-historis permasalahan sosial-keagamaan dan tradisi masyarakat.Hal ini dilakukan agar karya yang tulis yang ingin diekploitasi tarbiyahislamiyah.id lebih mendasar dan kuat.

Salah satu bahan yang akan diekplorasi keilmuan dari teks-teks Inyiak Canduang dan ulama tuo Minangkabau. Ini penting dilakukan sebagai basis ideologi dari tarbiyah islamiyah sendiri. Dia dalam sejarahnya telah menorehka tinta emas. Meski tarbiyah islamiyah secara organisasi tarbiyah islamiyah dalam kondisi yang tidak begitu eksis keberadaan, tarbiyah islamiyah bisa menjadi jembatan. Keberadaan tarbiyahislamiyah.di media online jembatan itu.

Begitu juga basis keulamaan yang ada di minang yang dimotori tarbiyah islamiyah dengan gerbong ulama tua sudah menjadi sejarah namun masih layak dibasa dan digali secara keilmuan masih layak.

Dialektika keilmuan atas persolan sosial dan sains di masyarakat Analisa bahasa atas perkembangan sosial-budaya masyarakat

Share :