Tarbiyah Kembangkan Kain Besurek Bengkulu

Tarbiyah Kembangkan Kain Besurek Bengkulu
Poto Dokumen Dedy Mardiansyah

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) Kabupaten Rejang Lebong (RL) melirik Kain Besurek Bengkulu. Sebagai bagian dari khazanah keluhuran peradaban Nusantara di Provinsi Bengkulu, Kain Besurek menjadi kontak strategis bagi PC Tarbiyah-Perti RL. Terutama dalam upaya mempertahankan keluhuran bangsa berbasis kearifan wilayah.

“Eratnya hubungan adat dan agama merupakan salah satu ciri peradaban Nusantara. Seperti tautan tali budaya Melayu dan Islam yang amat erat terlihat di dalam Kain Besurek Bengkulu. Itulah kenapa Cabang Rejang Lebong terpanggil,” ungkap Wakil Ketua PC Tarbiyah-Perti RL, Muhammad Azimullah Ilyas, S.Pd.I.

Menurutnya, Kain Besurek Bengkulu bagi PC Tarbiyah-Perti RL potensial sebagai salah satu bagian revitalisasi gerakan organisasi. Mengingat Tarbiyah-Perti termasuk elemen nasional yang identik dengan ranah pertautan adat Nusantara dan syarak Islam. Sementara Kain ini memang sangat layak dikembangkan sebagai bagian identitas kewilayahan.

Baca Juga: Profil SD Tarbiyah Islamiyah Curup

“Ide ini munculnya secara sederhana dari Ketua. Kami melihat ini sebagai bagian strategis organisasi di masa kepemimpinan ini yang fokus utamanya adalah revitalisasi Yayasan Tarbiyah Rejang Lebong. Perbaikan unit-unit pendidikan Tarbiyah, kan, menjadi agenda prioritas. Kain Besurek Bengkulu kemudian menjadi relevan sebagai kontak revitalisasi gerakan itu. Tidak hanya terkait seragam unit pendidikan, tetapi juga mungkin masuk ke dalam kurikulum pembelajaran” pungkas tokoh yang mengelola MTs. Bunayya Islamic School Curup ini.

Secara teknis, Kain Besurek Bengkulu memang mungkin untuk menjadi seragam madrasah atau sekolah Tarbiyah di Curup yang dikelola lewat Yayasan Tarbiyah Rejang Lebong (YTRL). Atau juga menjadi bagian dari pengembangan sumberdaya manusia dan lembaga Tarbiyah di Rejang Lebong. “Hanya, memang, kita mulai dari yang sederhana. Dari pengadaan seragam Tarbiyah berbahan Kain ini diinisiasi oleh Ketua Cabang yang sekaligus Pembina Yayasan,” tambah Rama Ardiansyah, SE., Bendahara PC Tarbiyah-Perti RL.

Batik Tulis Kain Besurek Bengkulu Evrien Mega adalah produsen yang menjadi mitra PC Tarbiyah-Perti RL dalam hal ini. Sebagai unit usaha yang menghimpun ibu-ibu rumah tangga di lingkungannya, produsen Kain yang satu ini potensial untuk diajak oleh PC Tarbiyah-Perti RL dalam pengembangan sosial dengan skema yang ekonomis.

Baca Juga: Jalan Sunyi Perti di Bumi Kerinci

 “Skema awal Tarbiyah mengadakan seragam warganya berbahan Kain Besurek Bengkulu. Skema menengah pengembangan usaha Kain ini berbasis sumberdaya Tarbiyah. Skema lanjutan pengembangan pembelajaran Tarbiyah berbasis Kain Besurek Bengkulu. Itu mungkin programnya. Mudah-mudahan dapat diterima oleh seluruh warga Tarbiyah di Rejang Lebong juga Provinsi Bengkulu,” pungkas cucu Buya Ramli Burhany yang juga owner Fiesta Fashion di Pasar Bang Mego Curup ini.[]

(Reporter Dedi Priyanto)


Redaksi tarbiyahislamiyah.id menerima sumbangan tulisan berupa esai, puisi dan cerpen. Naskah diketik rapi, mencantumkan biodata diri, dan dikirim ke email: redaksi.tarbiyahislamiyah@gmail.com


Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) Kabupaten Rejang Lebong melirik Kain ber. Sebagai khazanah keluhuran peradaban Nusantara Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) Kabupaten Rejang Lebong melirik Kain ber. Sebagai khazanah keluhuran peradaban Nusantara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*