Tarbiyah Islamiyah

Tarbiyah Islamiyah Ranah Pertalian Adat dan Syarak

tarbiyahislamiyah.id dengan tagline Ranah Pertalian Adat dan Syarak sebuah media online. Media yang bergeraka dalam artikel dan berita. Artikel tersebut mengemas isu-sis sosial, politik, keagamaan, sains, ketarbiyahan dan keminangkabauan. Website ini bertujuan untuk membangun tradisi tulis. tradisi tulis yang pernah ada di kalangan intelektual Tarbiyah-Tarbiyah (Perti). Tentu saja tulisannya dengan memperhatikan konsep, dalil dan landasan teoritik. Agar tercipta sebuah media yang diskursif. Media yang bertanggung jawab untuk menjangkau masyarakat luas.

Keberadaan website tarbiyahislamiyah.id ini juga ditujukan juga untuk membangun dan menciptakan tradisi dakwah. Tradisi dakwah dengan tulisan di intelektual Tarbiyah Islamiyah. hal ini dilakukan sebagai melanjutkan tradisi yang dakwah yang pernah ada. Karena secara hisoris web ini memiliki itu. landasan generasi awal Tarbiyah dengan mempertalikan adat syarakat sebagai basis awalnya. Pendektan ini penting ini dilakukan untuk menjadi alternatif terhadap model ceramah dakwah yang berkembang saat ini.

Tujuan tarbiyahislamiyah.id

tarbiyahislamiyah.id diniatkan juga untuk menciptakan sebuah media alternatif. Fokusnya pada kajian keislaman, sosial, dan sains. Dengan mempertimbangkan dan memerhatikan ketelitian pada dalil, konsep, dan landasan teoritik. Agar terciptanya diskursus keislaman, sosial dan sains yang dapat dipertanggungjawabkan.

Mengingat banyaknya website yang berkembang belakangan ini dengan ragamnya masing-masing tarbiyahislamiyah.id memiliki ciri khusus. Web. ini murni didasarkan pada asas bertanggung jawab dalam mengembangkan keilmuan. Baik mengembangkan ilmu bidang sosial, politik, keagmaan, kepesantrenan dan kebudayaan. Meskipun ada beberapa website yang melakukan sejenis itu namun memiliki kepenting praktis. Dan web ini dengan tarbiyahislamiyah.id nya tidaklah melakukan hal itu.

Hal yang mendasar juga ingin dikembangkan oleh Tarbiyah Islamiyah adalah mengembangkan tradisi belajar masyarakat Tarbiyah Islamiyah sendiri di ranah media maraknya perkembangan media siber. Meskipun masyarakat tarbiyah Islamiyah sudha mengenal soerati sebuah media awal masyarakat tarbiyah namun belangan mati dan tidak bergerak lagi.

Keberadaan tarbiyah islamiyah dengan tarbiyahislamiyah.id ditujukan untuk media umat yang memiliki ruang untuk membicarakan segala isu dengan dialektis lewat media ini yang dapat menjangkau masyarakat luas lagi.

Peran terakhir yang ingin dicapai web ini adalah menyebarkan informasi seputar Ketarbiyah Islamiyah. Meski sekolah-sekolah tarbiyah islamiyah mandiri tidak ada kaitnya satu dengan yang lain namun mereka memiliki pengalaman historis yang perlu diwadahi di tarbiyahislamiyah.id